Sukses

Banjir Menerjang, Dua Desa Terisolasi

Curah hujan yang tinggi masih menimbulkan banjir dan longsor di sejumlah daerah. Luapan Sungai Lamong di Desa Sumber Langeng, Surabaya, mengisolasi dua desa.

Liputan6.com, Surabaya: Curah hujan yang tinggi masih menimbulkan banjir dan longsor di sejumlah daerah. Luapan Sungai Lamong di Desa Sumber Langeng, Surabaya, kini mengisolasi dua desa setelah terendam sejak Ahad silam. Akses jalan antardesa terendam banjir hingga 50 sentimeter dan melumpuhkan aktivitas perekonomian warga. Bahkan, puluhan hektare tambak udang milik warga terendam banjir sehingga menmbulkan kerugian ratusan juta rupiah.

Tak hanya di Surabaya. Luapan Sungai Ciasem dan Sungai Cipunagara di Subang, Jawa Barat, juga merendam ratusan rumah dengan ketinggian air mencapai 50 sentimeter hingga satu meter. Sebagian warga mulai panik karena air yang terus naik mengenangi permukiman, sementara akses jalan menuju ke desa tersebut terputus. Warga pun berharap bantuan pemerintah.

Curah hujan tidak hanya menyebabkan banjir, tapi juga longsor. Sebuah perbukitan di Desa Pulau Panggung, Kecamatan Tanjung Sakti, Kabupaten Lahat, Sumatra Selatan, longsor sehingga menimpa rumah dan bengkel milik warga. Satu sepeda motor dan dua traktor turut tertimbun.(MRQ/ANS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini