Sukses

BMKG: Gempa 5 SR Tasikmalaya Tak Potensi Tsunami

BMKG menyebut jika ditinjau dari kedalaman hiposenternya, gempa Tasikmalaya merupakan jenis gempa dangkal

Liputan6.com, Jakarta - Gempa bumi berkekuatan 5 skala Richter menggoyang wilayah Tasikmalaya, Jawa Barat, pada pukul 05.06.02 WIB tadi. Titik gempa terletak pada 8,12 Lintang Selatan dan 107,87 Bujur Timur. Kedalaman gempa berada pada 15 km.

"Dampak gempa bumi yang digambarkan oleh Peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG menunjukkan guncangan gempa dirasakan di daerah Tasikmalaya, Ciamis, dan Garut dalam skala intensitas I-II SIG-BMKG (II-III MMI)," kata Kepala Pusat gempa bumi dan Tsunami BMKG Moch Riyadi kepada Liputan6.com, Jakarta, Senin (25/9/2017).

Jika ditinjau dari kedalaman hiposenternya, kata dia, gempa yang terjadi merupakan jenis gempa dangkal akibat aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia ke bawah lempeng Eurasia. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi ini dipicu penyesaran naik (thrust fault).

"Hingga pukul 05.40 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock)," imbuh dia.

Untuk itu, dia meminta masyarakat sekitar wilayah Kabupaten Tasikmalaya agar tetap tenang dan tidak terpengaruh isu-isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

"Gempa Tasikmalaya ini tidak berpotensi tsunami," ujar Riyadi.

Saksikan video pilihan di bawah ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.