Sukses

Nasihat Nikah Amien Rais untuk Anak Zulkifli Hasan

Liputan6.com, Jakarta -  

Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais memberikan nasihat pernikahan kepada anak Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, Ray Zulham Farras Nugraha. Ray baru saja menikahi wanita bernama Milka Anisya Noraisya.

Dalam nasihatnya, Amien Rais menyampaikan lima pondasi agar pernikahan bahagia dan langgeng. Amien mengatakan, tanda syukur dan bertakwa kepada Tuhan adalah hal utama.

"Ini (takwa dan syukur) pondasi yang sangat kuat, karena dalam ayat Alquran kedua hal itu akan membawa kita hidup bahagia di dunia dan akhirat," ujar Amien Rais di Gran Ballrom Raffles Hotel, Kuningan, Jakarta Selatan, Minggu (23/9/2017).

Yang kedua, Amien menyebut dalam hitung-hitungan pernikahan, satu tambah satu bukan dua, melainkan satu. Artinya satu yang lebih solid, tangguh dan berdaya pukul balik.

"Ketiga, saya sudah hampir kawin emas, lima anak sudah nikah semua, cucu 10. Kejujuran adalah mahkota pernikahan, kunci pondasi pernikahan yang tangguh dan berbahagia. Ada masalah harus saling share. Setidaknya bisa saling meringankan," kata Amien.

Keempat, menurut Amien, rumah yang ditempati oleh suami istri harus dirasakan nyaman oleh keduanya.

"Kelima, selalu saja setiap perkawinan surat Arrum 21 harus dibaca, supaya suami istri menjadi sakinah, mawadah, wa rahmah. Kebahagiaan bukan karena materi yang kita miliki, bukan kekuasaan, bukan kepopuleran, tetapi orang dengan hati yang tenang karena zikir kepada Allah. Salat adalah zikir yang paling puncak," kata Amien.

Saksikan video pilihan di bawah ini

1 dari 2 halaman

Panglima Jadi Saksi

Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan menikahkan puteranya Ray Zulham Farras Nugraha dengan seorang wanita bernama Milka Anisya Noraisya.

Akad dan pesta nikah diselenggarakan di Grand Room Raffles Hotel, Jakarta Selatan, Minggu (23/9/2017).

Sebelum proses ijab kabul, para tamu undangan terlebih dahulu diperdengarkan lantunan ayat suci Alquran. Mempelai pria yang membaca lantunan ayat tersebut, sedangkan mempelai wanita menjadi sari tilawah.

Saat proses ijab kabul, tak terlihat ketegangan dalam wajah Ray. Sang mempelai pria tersebut terlihat tenang. Bahkan, dalam satu helaan napas, Ray resmi menjadi suami Milka. Usai membaca ijab kabul, para saksi dan tamu undangan langsung mengucap syukur.

Adapun saksi-sakni nikah adalah Jenderal TNI Gatot Nurmantyo, Ketua DPD yang juga Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta Odang, Ketua Umum PP Muhamadiyah Haedar Nasir, dan Pimpinan Pondok Pesantren Tebu Ireng Solahuddin Wahid.

Selain tokoh-tokoh tersebut yang menjadi saksi, terlihat beberapa tokoh yang hadir dalam acara pernikahan ini. Seperti Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais yang diberikan kesempatan menyampaikan nasihat pernikahan.

Selain Amien Rais, tokoh-tokoh yang terlihat di kursi tamu undangan di antaranya Sinta Nuriah Wahid, Hidayat Nurwahid, Mahfud MD, Aburiza Bakrie alias Ical, dan Fadli Zon.

Artikel Selanjutnya
Zulkifli Hasan Berharap MPR Senantiasa Amanah Dalam Bekerja
Artikel Selanjutnya
Gelar Dzikir Bersama, Zulkifli Hasan: Semoga MPR Makin Dipercaya