Sukses

Temui Ribuan Peternak, Jokowi Pamer Anak Domba di Cibubur

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi datang menemui 1.200 peternak dan pelaku usaha yang berkumpul dalam acara Jambore Peternakan Nasional 2017. Tidak mau kalah, dia lantas memamerkan anak domba peliharaannya.

"Saya mau lihat kambing saya, bukan ini domba saya, seperti apa. Satu masih anakan. Coba naikkan ke panggung sini, mau enggak," tutur Jokowi di lapangan Jambore Cibubur, Jakarta Timur, Minggu (24/9/2017).

Ada tiga domba dengan warna putih hitam yang ditampilkan Jokowi. Terhitung sejak 10 bulan lalu memulai beternak, ukuran anakan domba itu terbilang gemuk.

"Ya ini domba saya kira lumayan gemuk, enggak kurus-kurus amat kayak saya. Ini baru lahir dua bulan lalu, ya cukup lumayan gemuk," jelas dia.

Jokowi membeberkan awal mulanya beternak. Semula dia mencoba memulai memelihara domba dengan jumlah lima ekor saja. Belum sampai setahun, total dombanya menjadi 11 ekor.

"10 Bulan lalu saya beli lima ekor kambing. Tiga betina, dua jantan. Setelah 10 bulan sekarang menjadi 11 kambing. Artinya beranaknya enam. Saya itung-itung dengan kalkulasi hitungan ekonomi, untungnya gede juga," kata Jokowi.

Merasa upaya ternaknya lancar, dia juga bermaksud memulai memelihara sapi. Namun, tentunya ada konsultasi terlebih dahulu, khususnya dengan para pelaku usaha dan peternak yang berkumpul di acara Jambore Peternakan Nasional 2017.

"Tapi baru melihara kambing, sapinya belum. Saya mau belajar. Belajar kambing problem permasalahannya apa. Nanti sapi juga. Saya ngomong apa adanya, tidak gampang (beternak kambing), tidak mudah," Jokowi menandaskan.

1 dari 2 halaman

Edukasi Bidang Peternakan

Sebanyak 1.200 peternak dan stakeholders mengikuti kegiatan Jambore Peternakan Nasional 2017 di Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Cibubur mulai Jumat hingga Minggu ini. Pada kesempatan tersebut, para peternak dan stakeholder bersilaturahim dan melakukan temu wicara dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Menteri Pertanian Amran Sulaiman mengatakan, rangkaian kegiatan Jambore Peternakan Nasional 2017 diisi dengan kontes dan seni ketangkasan Domba Garut, kontes Kambing Kaligesing, eksibisi ternak oleh peternak sapi, ayam lokal, itik, dan kelinci.

"Sehingga kegiatan ini juga dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar sebagai kegiatan wisata dan edukasi di bidang peternakan," ujar dia di Cibubur, Jakarta Timur, Minggu pagi.

Rapat Kerja Nasional dan Silaturahmi Nasional Peternak Kambing Domba juga dilakukan untuk melakukan konsolidasi. Penyerahan penghargaan kepada kelompok peternak dan petugas berprestasi juga dilakukan sebagai tindak lanjut dari arahan Presiden Jokowi untuk memberikan apresiasi kepada peternak dan stakeholders terkait lainnya yang telah berkontribusi dalam pembangunan peternakan dan kesehatan hewan, serta sebagai upaya menarik minat generasi muda untuk menjadi peternak.

"Selain itu juga dilakukan penyerahan SK (Surat Keputusan) penetapan wilayah sumber bibit dan wilayah bebas penyakit," kata dia.


Saksikan video menarik di bawah ini:

 

 

Artikel Selanjutnya
Celetukan Djarot soal Sapi Kurban Jokowi
Artikel Selanjutnya
Idul Adha, Pemprov DKI Kurban 106 Sapi dan 314 Kambing