Sukses

Korlantas: Penggantian Pelat Nomor Kendaraan untuk Smart City

Liputan6.com, Jakarta - Direktur Keamanan Keselamatan (Kamsel) Korlantas Polri Brigjen Krisnanda Dwi Laksana mengatakan, wacana penggantian warna plat nomer kendaraan bukan sebatas penggantian fisik semata. Hal ini dilakukan, guna tujuan membangun sistem pendukung smart city.

"Jadi bukan masalah (ganti warna) platnya saja tapi kita membangun suatu sistem. Ada smart manajemen, ada juga intelegent traffic analysis system," ujar Krisnanda di Lapangan Parkir Ditlantas Polda Metro Jaya, Minggu (24/9/2017).

Meski belum dirinci mekanisme pengubahan warna plat kendaraan tersebut, Krisna memastikan hal ini bersifat simultan dan masih dalam tahap kajian.

"Mulai dari peraturan, sistemnya, strateginya, dan juga ada tes (uji coba)," terang Krisnanda.

Sebelumnya, Korps Lalu Lintas Polri berencana mengubah warna plat nomor kendaraan dengan warna dasar lebih terang. Kebijakan itu dimaksudkan untuk mendukung kemajuan teknologi lalu lintas seperti penerapan tilang elektronik.

"Kami akan mencoba melihat wacana, mengubah regulasi warnanya, mengubah ke warna terang," kata Kakorlantas Royke Lumowa pada peringatan hari ulang tahun Korps Lalu Lintas Bhayangkara ke-62 di lapangan Korlantas Polri, Jalan MH Thamrin, Jumat 22 September 2017.

Menurut studi, plat berwarna hitam kurang jelas terlihat bila ditangkap kamera. Karenanya, sesuai dengan regulasi Peraturan Kapolri No 5 Tahun 2012 mengenai warna plat, hal itu akan dilakukan secara bertahap dan ditargetkan tahun 2018 bisa direalisasikan.

Saksikan vidio pilihan di bawah ini:

 

Saksikan Live Streaming INSPIRATO

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Gerbang Tol Cimanggis dan Cibubur Hilang, Tarif Dipatok Rp 6.500
Artikel Selanjutnya
Perolehan Pajak Kendaraan di DKI Mencapai Rp 5,19 Triliun