Sukses

Jokowi Hadiri Puncak Jambore Peternakan Nasional di Cibubur

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menghadiri puncak acara kemeriahan Jambore Peternakan Nasional 2017 di Cibubur, Jakarta Timur. Acara tersebut mengangkat tema 'Masyarakat Sehat dan Cerdas dengan Protein Asal Ternak'.

Jokowi diagendakan untuk temu wicara dengan para peternak dan pelaku usaha peternakan.

Dalam pidatonya, mantan Gubernur DKI Jakarta itu meminta kemunculan industri bersama antar peternak.

"Saya ingin mempunyai sebuah sampel, sebuah contoh masyarakat bergabung berkelompok membangun industri ternaknya," tutur Jokowi di Jambore Cibubur, Jakarta Timur, Minggu (24/9/2017).

Bukan tanpa alasan, semakin banyak ternak yang dikelola, berdasarkan perbandingan ekonomi bisnis maka akan lebih menguntungkan. Dengan begitu, kesejahteraan peternak baik yang sudah profesional dan awam akan semakin meningkat.

"Lebih bagus lagi ada gabungan sehingga akan menekan cost, menekan biaya. Itulah peternakan yang terkonsolidasi, memberikan keuntungan uang besar sekali," jelas dia.

Kegiatan itu sendiri diselenggarakan oleh Kantor Staf Presiden yang bekerja sama dengan Kementerian Pertanian (Kementan) serta Himpunan Peternak Domba dan Kambing Indonesia (HPDKI).

Saksikan video pilihan di bawah ini

 

1 dari 2 halaman

Agenda Acara

Direktur Pengolahan dan Pemasaran Hasil Peternakan, Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian, Fini Murfiani menyampaikan, ada sebanyak 1.200 peternak dan pelaku usaha yang hadir. Mereka cukup antusias untuk bersilatutahmi dengan Presiden Jokowi.

"Jambore Peternakan Nasional juga dimaksudkan agar dapat menjadi wadah konsolidasi antar pelaku usaha peternakan dalam mendukung program pembangunan peternakan dan kesehatan hewan," ujar Fini.

Selain perbincangan para peternak dengan Presiden Jokowi, puncak acara juga akan diisi kegiatan makan 100 ekor kambing guling. Aksi itu diharapkan dapat masuk dan menjadi rekor baru Museum Rekor Indonesia (MURI).

Ada pula Kontes Ternak Domba dan Kambing, juga Seni Ketangkasan Domba Garut, yang bertanding memperebutkan Piala Presiden. Presiden Jokowi secara langsung menyerahkan piala dan penghargaan tersebut.

"Juga eksibisi ternak oleh peternak sapi, ayam lokal, itik, dan kelinci, termasuk penghargaan Anugerah Bakti Peternakan," kata Fini.

Rangkaian Kegiatan Jambore Peternakan Nasional 2017 sejak 22 September hingga 24 September 2017 adalah sebagai berikut:

1. Kontes Ternak Domba dan Kambing, Seni Ketangkasan Domba Garut pada 23 September 2017.

2. Eksibisi ternak oleh peternak sapi, ayam lokal, itik, dan kelinci pada 24 September 2017.

3. Penghargaan Anugerah Bakti Peternakan dan Temu Wicara pada 24 September 2017.

4. Ekspo dan Pameran Peternakan menghadirkan industri pengolahan hasil peternakan, industri obat hewan, industri pakan, industri kerajinan hasil peternakan, perbankan, asuransi, dan Festival kuliner pada 22 September sampai 24 September 2017.

5. Rapat Kerja Nasional (Rakernas) dan Silaturahmi Nasional Peternak (Silatnas) Kambing Domba dengan Menteri Pertanian pada 22 September dan 23 September 2017.

6. Pemecahan rekor MURI makan 100 ekor kambing guling pada 24 September 2017.

Artikel Selanjutnya
Berbaju Batik, Jokowi Hadiri Rakernas III Projo
Artikel Selanjutnya
Presiden Jokowi Bakal Hadiri Puncak Festival Pesona Palu Nomoni