Sukses

Dianggap Gila, Pemuda Dipasung

Diduga gila dan kerap mengganggu ketenangan warga setempat, seorang pemuda di Kelurahan Polewali, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, dipasung selama sepuluh tahun ini.

Liputan6.com, Bone: Sabbi hanya bisa terbaring di salah satu rumah tak layak huni kawasan Kelurahan Polewali, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan. Kedua tangan pemuda berusia 27 tahun itu diikat dengan rantai selama sepuluh tahun ini, karena diduga ia gila dan kerap mengganggu ketenangan warga setempat.

Sabbi sering kali mengamuk dan teriak. Karena tidak memiliki biaya, Sabbi tak pernah mendapatkan perawatan di rumah sakit jiwa. Pihak keluarga dan warga sekitar akhirnya berinisiatif untuk mengamankan Sabbi, dengan memasung dan mengasingkannya di sebuah rumah.

Kedua orangtua Sabbi bekerja sebagai buruh tani di desa setempat. Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari saja tidak mencukupi. "Sabbi saya ikat karena selalu dikira pencuri. Dia biasa masuk ke rumah warga, akibatnya sering diburu masyarakat desa," jelas Marhuma, ibunda Sabbi.

Keluarga berahap, ada bantuan dari pemerintah dan para dermawan untuk membantu, agar kelak Sabbi bisa sembuh dan hidup selayaknya pemuda normal.(IDS/SHA)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.