Sukses

Pemulangan Jemaah Gelombang Pertama Berjalan Lancar

Liputan6.com, Jakarta - Fase pemulangan jemaah haji Indonesia gelombang pertama melalui Bandara Internasional King Abdul Aziz Jeddah berakhir Kamis 21 September 2017. Kloter 47 Embarkasi Solo (SOC 47) akan menjadi rombongan jemaah penutup yang akan terbang pada pukul 07.30 Waktu Arab Saudi (WAS) hari ini.

Kepala Daker Bandara Arsyad Hidayat mengatakan, pemulangan jemaah haji Indonesia berjalan dengan baik.

"Alhamdulillah secara umum pemulangan jemaah gelombang pertama berjalan lancar dan tidak terkendala," kata Arsyad di Madinah, Sabtu (23/9/2017).

Dia mengaku, pada awal pemulangan jemaah haji, sempat ada sedikit masalah terkait barang bawaan jemaah. Kepulangan mereka terhambat karena masih ditemukan koper yang berisi barang yang dilarang seperti air Zamzam.

"Namun seiring waktu dan gencarnya sosialisasi tentang barang bagasi, alhamdulillah hari-hari berikutnya tidak ditemukan lagi barang terlarang dalam bagasi jemaah haji," ujar Arsyad.

Seiring berakhirnya pemulangan gelombang pertama melalui Bandara Jeddah, kini, dilanjutkan dengan pemulangan jemaah haji gelombang kedua melalui Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah.

"15 kloter akan diberangkatkan mulai dini hari nanti. Proses pemulangan gelombang kedua ini akan berlangsung dari 21 September hingga 5 Oktober mendatang," tandas Arsyad.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

114 Ribu Haji

Tiga pekan setelah puncak haji, sebanyak 114.119 jemaah haji Indonesia sudah pulang ke Tanah Air.

Data dari Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) Arab Saudi, Jumat 22 September malam, jumlah tersebut terdiri dari jemaah gelombang pertama dan kedua.

Untuk jemaah haji gelombang pertama diterbangkan melalui Bandara King Abdul Asiz Jeddah sudah mencapai 101.875 orang, dari 251 kelompok terbang atau kloter dengan rincian 100.620 jemaah dan 1.2255 petugas.

Sedangkan jemaah haji Indonesia gelombang kedua hingga hari ini, yang diterbangkan dari Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz Jeddah berjumlah 12.244 orang. Jumlah tersebut dengan rincian 30 kloter, 12.094 jemaah dan 150 petugas.

Dengan demikian, total jemaah haji Indonesia yang sudah pulang ke Tanah Air adalah 281 kloter dan 114.119 orang.

Fase pemulangan jemaah haji Indonesia gelombang kedua akan berlangsung dari 21 September hingga 5 Oktober 2017.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.