Sukses

Pakistan dan Bangladesh Belajar Pengelolaan Haji Indonesia

Kunjungan kedua misi haji ini untuk mengetahui lebih detail tentang manajemen haji Indonesia, sebagai pengirim jemaah haji terbesar.

Liputan6.com, Arab Saudi - Setelah Tim Tabung Haji Malaysia, kini giliran Misi Haji Pakistan dan Bangladesh belajar tentang pengelolaan jemaah haji Indonesia. Berbeda dengan Malaysia yang kuotanya hanya 30 ribuan, kedua negara ini masuk dalam 10 besar negara terbesar pengirim jemaah haji.

Pakistan menempati urutan kedua setelah Indonesia dengan 179 ribu kuota haji, dengan 100 ribuan di antaranya haji reguler. Bangladesh menempati urutan keempat dengan 129 ribu kuota haji. Tempat ketiga milik India dengan 170 ribu kuota haji.

"Misi Haji Pakistan dan Bangladesh dipimpin oleh masing-masing konsulnya di Arab Saudi," kata Kadaker Mekah Nasrullah Jasam yang ikut menerima mereka di Daker Mekah, Jumat, 22 September 2017.

Delegasi kedua negara ini diterima oleh Direktur Layanan Haji Luar Negeri Sri Ilham Lubis dan Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi, Ahmad Dumyathi Bashori.

Sebagaimana Malaysia, lanjut Nasrullah, kunjungan kedua misi haji ini untuk mengetahui lebih detail tentang manajemen haji Indonesia sebagai pengirim jemaah haji terbesar. Sebelumnya, mereka menjelaskan data-data pengelolaan jemaah di negara mereka masing-masing.

Menurut Nasrullah, akomodasi jemaah haji Pakistan dan Bangladesh di Mekah jaraknya hingga mencapai 7 km dari Masjidil Haram. Adapun di Madinah, sekitar 10 ribu anggota jemaah haji regular mereka tinggal di hotel yang terletak di luar Markaziyah.

"Masa tinggal jemaah mereka di Arab Saudi berkisar antara 43-45 hari. Kedatangan kloter pertama mulai 1 Zulkaidah. Sebagian jemaah mereka juga tinggal di tenda Mina Jadid," lanjut dia.

Meski kuotanya lebih sedikit dibanding Indonesia, kata Nasrullah, hotel yang disewa Pakistan di Mekah lebih banyak, mencapai 195 hotel. Padahal, Indonesia hanya menyewa 155 hotel. Artinya, kapasitas hotel mereka jauh lebih kecil.

Sri Ilham menyambut baik kedatangan Misi Haji Pakistan dan Bangladesh. Menurutnya, pertemuan antar-misi haji penting, agar bisa saling memahami kelebihan dan kekurangan layanan yang diberikan kepada jemaah negara masing-masing.

Hal sama disampaikan Dumyathi Basori. Pertemuan antar-misi haji perlu dilakukan untuk perbaikan layanan ke depan.

Kepada Misi Haji Pakistan dan Bangladesh, lanjut Nasrullah, Sri Ilham berbagi pengalaman tentang manajemen pengelolaan haji Indonesia. Menurutnya, sebagai negara dengan kuota jemaah haji terbanyak, Indonesia dihadapkan pada tantangan penyediaan layanan, mulai dari akomodasi, transportasi, maupun katering.

Untuk itu, persiapan penyelenggaraan haji dilakukan sejak awal. "Penutupan operasional haji tahun ini, sekaligus menandai dimulainya persiapan penyelenggaraan haji tahun depan," kata Sri Ilham.

Saksikan video di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Memberikan Layanan Terbaik

Indonesia dalam beberapa tahun terakhir terus berusaha memberikan layanan terbaik bagi jemaah. Karenanya, baik akomodasi, transportasi, maupun katering diupayakan dapat disediakan dalam standar terbaik. Untuk memastikan hal ini, Kementerian Agama sudah memiliki Peraturan Menteri Agama tentang pengadaan layanan haji di Arab Saudi.

"Untuk hotel misalnya, kami memiliki kriteria yang harus dipenuhi. Salah satunya terkait dengan spek dan kapasitas. Alhamdulillah, meski jumlah jemaah kami banyak, kami bisa menyiapkan 155 hotel dengan kapasitas besar dan setara bintang tiga di Mekah," tutur Sri Ilham.

"Jarak terjauh hotel kami berkisar 4,5 km dari Masjidil Haram. Hotel dengan jarak di atas 1,5 km kami siapkan sarana transportasi bus salawat untuk memudahkan jemaah beribadah," sambung dia.

Terkait layanan transportasi, Sri Ilham menjelaskan, semuanya sudah mengalami peningkatan kualitas atau upgrading. Bus antar-kota perhajian yang digunakan jemaah haji rata-rata produksi 2015 dan 2016.

"Ini sengaja dipilih untuk memberikan kenyamanan kepada jemaah. Layanan katering juga disiapkan semaksimal mungkin agar bercita rasa nusantara,” ujar dia.

Sri Ilham juga berbagai tentang manajemen petugas layanan haji yang dibuat dalam pola daerah kerja dan sektor. Untuk memudahkan layanan kepada jemaah, di setiap sektor perumahan terdapat petugas haji yang siap 24 jam.

Kepada delegasi Pakistan dan Banglades, Sri Ilham, juga menyampaikan, meski jumlahnya banyak, masa tinggal jemaah haji Indonesia di Arab Saudi lebih pendek dibanding negara lainnya, yakni berkisar 40 hari. Ini tidak lepas dari manajemen pemberangkatan dan pemulangan jemaah yang disiapkan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.