Sukses

Pantung Simbol Kota Kyiv Ukraina Pakai Kostum Adat Indonesia

Yuddy mengatakan, kegiatan tersebut dapat mendekatkan hubungan antara 240 juta orang Indonesia dengan 45 juta lebih warga Ukraina.

Liputan6.com, Jakarta - Ada yang berbeda dengan Patung Queen Anna de Kyiv yang terletak di jantung Kota Kyiv, Ukraina. Patung yang menjadi salah satu simbol ikon kota Kyiv itu disematkan kostum tradisional Indonesia.

Upacara penyematan kostum pada patung setinggi 3 meter ini dipimpin oleh Duta Besar RI untuk Ukraina, Yuddy Chrisnandi, Senin sore pada tanggal 18 September 2017 lalu.

Dalam sambutannya, Dubes Yuddy mengatakan, kegiatan tersebut dapat mendekatkan hubungan antara 240 juta orang Indonesia dengan 45 juta lebih warga Ukraina. 

"Diharapkan, kerjasama dibidang ekonomi, pendidikan, turisme dan kebudayaan yang selama ini telah terjalin dengan baik dapat lebih meningkat lagi," ucap Yuddy Chrisnandi dalam keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com, Rabu (20/9/2017). 

Acara ini dimeriahkan dengan tarian Bali Margapati yang dibawakan oleh Puput Ratri Widayanti. Dilanjutkan dengan tarian Sunda “Sintren” yang dibawakan oleh Ayesha Fatma Nandira serta Annastasia, salah seorang warga Kyiv yang dapat menari tradisional Indonesia.

Sementara itu, Pejabat Kota Kyiv, Oleg Gariaga dalam sambutannya menyampaikan penghormatan warga Kota Kyiv terhadap diplomasi budaya yang dilakukan KBRI Kyiv.

"Penyematan kostum tradisional Indonesia pada Patung kebanggaan Kota Kyiv adalah simbol persahabatan Ukraina Indonesia," kata dia. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dihadiri Wali Kota Bekasi

 

Hadir dalam upacara tersebut pejabat Kota Kyiv, pejabat kementerian terkait dari Ukraina seperti dari Kementerian Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Teknologi Ukraina.  Hadir juga kalangan diplomatic seperti Duta Besar Malaysia untuk Ukraina Datuk Ayauf Bachi.

Tampak hadir rombongan Pemerintah Kota Bekasi yang sedang berkunjung ke Ukraina dipimpin oleh Walikota Bekasi Rahmat Effendi.

Ceremony of the Dressing-Up of Queen Anna Sculpture with The Indonesian Traditional Costume merupakan puncak sekaligus penutupan kegiatan Indonesia Week yang merupakan ajang promosi Indonesia di Ukraina.

Kegiatan tersebut dimeriahkan dengan atraksi tarian tradisional Indonesia di taman kota Lviv Square, di Kota Kyiv tempat berdirinya patung kebangga warga Ukraina tersebut.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.