Sukses

Indonesia-UEA Tingkatkan Kerja Sama Info Pasar Kerja TKI Formal

Indonesia-UEA Tingkatkan Kerja Sama Informasi Pasar Kerja TKI Formal

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Ketenagakerjaan RI (Kemnaker) dengan Kementerian Ketenagakerjaan Uni Emirat Arab (UEA) terus berupaya meningkatkan kerja sama bidang ketenagakerjaan.

Ke depan, peningkatan kerja sama akan dilakukan dalam beberapa hal, di antaranya perluasan informasi pasar kerja, akses dan tata cara penempatan, peningkatan TKI formal, hingga pelatihan kerja bersama.

Demikian disampaikan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemnaker, Hery Sudarmanto, saat menerima kunjungan Duta Besar (Dubes) Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) RI untuk UEA, Husin Bagis, di Kantor Kemnaker pada Hari Selasa (19/9/2017).

“Pertemuan dengan pak Dubes ini akan kita tindak lanjuti agar menjadi kajian yang baik untuk meningkatkan kerja sama bidang ketenagakerjaan di antara kedua negara,” ujar Hery.

Ia menyampaikan kepada Dubes bahwa saat ini Kemnaker telah memiliki Atase Ketenagakerjaan (Atnaker) yang baru di UEA, yaitu Decky Haedar Ulum. Kebijakan ketenagakerjaan UEA yang sebelumnya berada di bawah naungan kementerian dalam negeri kini dinaungi oleh kementerian ketenagakerjaan setempat.

“Untuk itu, mohon KBRI UEA diharapkan dapat memberikan pembinaan dan dapat menjadikan Atnaker sebagai market inteligence dalam mencari investor di bidang pelatihan, deteksi dini terorisme gerakan radikal di TKI, pelaporan keuangan dan BMN yang akurat dan tepat,” ucap Hery.

Dengan cara seperti itu, imbuhnya, informasi pasar kerja dan pelatihan kerja di dalam negeri dapat disesuaikan. Di mana informasi pasar kerja harus mendapatkan persetujuan dari Atnaker untuk kemudian diinformasikan ke daerah, sehingga daerah dapat menyesuaikan kebutuhan tenaga kerja di luar negeri tersebut.

“Sehingga nanti di daerah-daerah itu nanti ada semacam balai latihan untuk menyiapkan kebutuhan pasar kerja di luar negeri, termasuk untuk penempatan TKI formal ke UEA” kata Hery.

Di sisi lain, di UAE terdapat sejumlah peluang bagi TKI untuk masuk ke sektor formal. Seperti bidang ahli kecantikan, penjaga keamanan, koki rumah, dan supir. Selain itu, UAE juga tengah menyambut Dubai 2020 sebagai world expo.

Kerja sama bidang ketenagakerjaan antara Indonesia dan UEA sendiri memang masih didapatkan sejumlah persoalan. Seperti masih terdapatnya penempatan TKI secara ilegal pada pengguna perseorangan/sektor domestik paska penghentian dan pelarangan penempatan TKI ke Timur Tengah, akses dan informasi tenaga kerja yang belum sepenuhnya terbuka.

Oleh karena itu, Hery ingin proses rekrutmen TKI pada pengguna perorangan diatur dalam mekanisme yang telah disepakati bersama. Sehingga, dapat dilaksankan dengan mudah, aman, teratur dan berkelanjutan yang menguntungkan semua pihak.

“Selain itu, perjanjian kerja yang dibuat antara tenaga kerja dan pengguna harus jelas memuat hak dan kewajiban, baik pekerja maupun pengguna,” ujar Hery.

Sementara itu, Dirjen Pembinaan Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja (Binapenta dan PKK) Kemnaker, Maruli A. Hasoloan, menilai bahwa kerja sama bidang ketenagakerjaan antara Indonesia dan UEA memang perlu ditingkatkan.

“Perlu adanya mekanisme, dalam rangka mempercepat proses penempatan yang efektif dan juga (meningkatkan) perlindungan. Hal lainnya kita berupaya agar investasi itu masuk ke sini dan juga memberikan manfaat kepada kedua negara,” ucap Maruli.

Ke depan, kerja sama ini diharapkan juga akan memperkuat kerja sama pelatihan vokasi dan investasi SDM UEA di Indonesia.

“Jadi kerja sama ini bukan hanya berkaitan dengan TKI. Tapi juga komponen-komponen yang lain seperti pelatihan. Mungkin nanti juga mencakup hubungan industrial dan K3 seperti itu,” kata Maruli.


(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.