Sukses

Sambangi PSI, KPK Bahas Dana hingga Kaderisasi Parpol

Politikus PSI Tsamara Amany mengaku partainya sangat terbuka atas masukan-masukan yang diberikan oleh KPK.

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyambangi kantor DPP Partai Solidaritas Indonesia (PSI). Pada pertemuan ini, KPK dan PSI membahas soal pendanaan partai politik dan kaderisasi.

Pertemuan ini dihadiri Plh Direktur Pendidikan dan Pelayanan Masyarakat KPK Giri Suprapdiono, Koordinator Unit Politik Pencegahan KPK Alfi Rachman Waluyo. Sementara dari PSI dihadiri oleh politikus muda Tsamara Amany dan Sekjen PSI Raja Juli Antoni.

"Ada beberapa isu sentral. Yang pasti tentang pendanaan parpol, kode etik, dan kaderisasi," kata Plh Direktur Pendidikan dan Pelayanan Masyarakat KPK Giri Suprapdiono di Kantor DPP PSI Jakarta Pusat, Senin (18/9/2017).

Terkait pendananan parpol, Giri menjelaskan, KPK telah memberikan rekomendasi kepada pemerintah untuk menaikkan dana per suara. Sedangkan, terkait kode etik, Giri mengatakan, hal ini yang banyak dilanggar oleh para kader partai politik.

"Contohnya apabila tersangka atau terpidana korupsi mencalonkan lagi jadi kepala daerah secara hukum boleh, tapi secara moral bisa saja salah," tutur dia.

Politikus muda PSI Tsamara Amany mengaku, partainya sangat terbuka atas masukan-masukan yang diberikan oleh KPK. Menurut dia, masukan dari KPK mengajarkan tentang politik yang sehat dan bersih.

"Justru kita diajarkan oleh KPK bagaimana mengelola partai politik yang sehat. Ini membantah semacam tuduhan bahwa KPK ini hanya bisa menindak, tapi tidak pernah melakukan pencegahan," kata Tsamara.

 

Saksikan video di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sambangi Golkar

KPK tengah giat melakukan penindakan korupsi. Hampir setiap pekan selalu saja menangkap tangan kepala daerah yang terjerat korupsi.

Demi politik yang berintegritas, KPK mengirimkan tim pencegahan kepada beberapa partai. Karena notabene hampir semua kepala daerah berasal dari partai.

"Hari ini, Tim Politik Berintegritas akan mendatangi dua parpol setelah sebelumnya semua sudah didatangi," ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Senin (18/9/2017).

Febri menjelaskan, tim pencegahan KPK hari ini sekitar pukul 13.00 WIB mendatangi Partai Golkar dan PSI (Partai Solidaritas Indonesia).

Kedatangan tim pencegahan, kata dia, merupakah lanjutan dari rangkaian upaya pencegahan korupsi, yang dilakukan tim Kedeputian Bidang Pencegahan KPK.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Komisi Pemberantasan Korupsi adalah lembaga negara untuk memberantas tindak pidana korupsi
    Komisi Pemberantasan Korupsi adalah lembaga negara untuk memberantas tindak pidana korupsi

    KPK

  • PSI