Sukses

Polisi Kejar Penyebar Hoax PKI Penyebab Rusuh di YLBHI

Polisi mendalami alasan massa yang datang ke Gedung YLBHI, tidak tertutup kemungkinan massa terprovokasi isu hoax.

Liputan6.com, Jakarta - Polisi tengah mengusut penyebar hoax soal PKI yang menyebabkan massa menyerbu Gedung Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI), Jakarta Pusat. Penyebaran isu bohong itu menggunakan jaringan internet dan media sosial yang bisa dilacak.

"Kita akan cari karena jejak digital enggak akan hilang ya," tutur Kadiv Humas Polri Irjen Setyo Wasisto di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (18/9/2017).

Menurut dia, alasan massa yang datang ke Gedung YLBHI masih didalami penyidik. Polisi tidak menutup kemungkinan massa terprovokasi isu hoax.

"Nanti kita teliti. Hoax itu banyak sekali di dunia maya," jelas dia.

Dia mengatakan polisi sudah berusaha menghindari hal yang tidak diinginkan di hari kejadian penyerangan. Setelah massa mulai menggelar aksi, pihak kepolisian segera masuk ke Gedung YLBHI.

Polisi meminta penyelenggara acara menghentikan kegiatan. Hanya saja, massa di luar gedung tidak percaya dan memaksa masuk.

"(Mereka) masih ngotot bahkan melawan. Malah melawan Polri dan serang anggota Polri," Setyo menandaskan.

Saksikan Video Menarik Di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Harapan YLBHI

Langkah polisi sejalan dengan harapan YLBHI. Sebelumnya, Ketua YLBHI Bidang Advokasi, Muhammad Isnur, meminta kepolisian untuk menangkap penyebar berita bohong tersebut.

"Kami menyerahkan kepada aparat hukum, yang menyebarkan hoax dan berujung pada kerusuhan itu ditangkap. Mereka menyebarkan berita bohong dan memprovokasi warga lain," kata Isnur di depan kantor YLBHI, Jakarta, Senin (19/9/2017).

Isnur mengaku menemukan sejumlah berita bohong di media sosial yang menyebut aksi yang digelar di YLBHI adalah acara kebangkitan PKI. Ia menduga berita bohong ini sengaja disebar oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Padahal, kata Isnur, sejak Minggu 17 September 2017 malam, kepolisian sudah mengingatkan tidak ada informasi tersebut dan mengimbau kepada massa yang berunjuk rasa untuk membubarkan diri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.