Sukses

Usai Rusuh Akibat Tuduhan PKI, Kantor LBH Dijaga Aparat

Kantor LBH Jakarta masih dijaga ketat aparat, pascakerusuhan karena tuduhan menggelar diskusi mengenai PKI.

Fokus, Jakarta - Kantor LBH Jakarta hingga Senin siang, 18 September 2017, masih dijaga ketat aparat kepolisian.

Seperti ditayangkan Fokus Sore Indosiar, Senin (18/9/2017), pintu gedung yang berada di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, masih tertutup rapat. Bahkan pintu masuk ditutup dengan menggunakan meja dan kursi.

Pecahan kaca dan sejumlah batu masih tampak di halaman gedung LBH. Lantaran masih tertutup rapat, karyawan LBH tidak bisa masuk ke dalam gedung untuk bekerja. Mereka terpaksa menunggu di luar gedung. Akibatnya, pelayanan bantuan hukum pun tidak bisa berjalan.

Untuk menjaga keamanan, sejumlah aparat kepolisian dan kendaraan lapis baja seperti water canon masih disiagakan di dekat gedung LBH. Sementara itu, Kapolda Metro Jaya, Irjen Polisi Idham Azis menyatakan pihaknya telah mengamankan 22 orang terkait kericuhan yang terjadi di depan kantor LBH Jakarta. Hingga kini, pemeriksaan masih terus dilakukan.

Aksi massa yang berujung bentrok terjadi di depan gedung LBH Menteng, Jakarta Pusat, pada Senin dini hari. Massa yang datang ke lokasi, menuding aktivis menggelar kegiatan yang menumbuhkan kembali paham komunis. Massa yang berupaya memaksa masuk gedung, dipukul mundur oleh aparat kepolisian yang berjaga.