Sukses

Cak Imin Cari Pendamping Gus Ipul di Pilgub Jatim

Dia menegaskan, PKB bersama para kiai NU sudah bulat mendukung Gus Ipul untuk maju sebagai calon Gubernur Jawa Timur.

Liputan6.com, Sidoarjo - Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar atau Cak Imin tetap menjalin komunikasi dengan partai lain untuk menentukan Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Jawa Timur yang akan mendampingi Calon Gubernur Saifullah Yusuf atau Gus Ipul.

"Komukasi dengan partai lain masih tetap terjalin. Sedangkan untuk cawagubnya insya Allah akan datang dari pendukungnya atau partai koalisi," tutur Cak Imin di Sidoarjo, Jawa Timur, Minggu (17/9/2017).

Ditanya soal nama yang akan diusung sebagai Cawagub Jatim, pihaknya belum bisa membeberkan lantaran masih dalam proses penyeleksian.

"Akhir bulan nanti akan kami tentukan. Silahkan ditunggu saja," kata Cak Imin.

Dia menegaskan, PKB bersama para kiai NU sudah bulat mendukung Gus Ipul untuk maju sebagai calon gubernur pada Pilkada Jatim 2018. Meski ada dua calon lainnya dari kader NU yang akan maju, pihaknya tetap mendukung Gus Ipul. Tentang Khofifah Indar Parawansa yang rencananya juga maju, Cak Imin mengaku yang bersangkutan sudah pernah diusung, namun gagal.

"Dulu, PKB sudah mengusung Khofifah tapi tidak berhasil. Sekarang gantian. Waktunya Gus Ipul," ujar Cak Imin.

Sejatinya, pihaknya sudah menyarankan Khofifah untuk tidak maju dalam Pilgub Jatim. Karena hal itu akan berkaitan dengan dukungan. Meski begitu, pihaknya tak berani menghalangi.

"Itu haknya dia. Begitu juga dengan Banom lainnya juga tidak boleh menyalahkan jika dukungan PKB kepada Gus Ipul," tegas Cak Imin.

Pihaknya optimis, pengusungan Gus Ipul menjadi Calon Gubernur Jawa Timur akan meraih kemenangan. Ditambah lagi dukungan dari berbagai daerah di Jawa Timur yang terbilang solid. "Semua daerah sudah solid untuk memenangkan Gus Ipul," pungkas Cak Imin.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dukungan PKB Jatim

Sebelumnya, Dewan Pimpinan Wilayah PKB Jawa Timur mendeklarasikan komitmen memenangkan Saifullah Yusuf (Gus Ipul) dalam pemilihan kepala daerah setempat pada 2018.

"Ini adalah deklarasi sebagai wujud partai fokus memenangkan Gus Ipul serta pemetaan pemenangan terhadap Gus Ipul," ujar Ketua DPW PKB Jatim Abdul Halim Iskandar usai deklarasi di Surabaya, Senin (11/9/2017).

Seluruh pimpinan DPC menyatakan siap memenangkan Gus Ipul pada pilkada yang diselenggarakan 27 Juni 2018. Menurut Halim, pemetaan telah disiapkan seluruh DPC kabupaten/kota sekaligus penguatan konsolidasi partai mulai tingkat desa/kelurahan bahkan sampai RT/RW.

"Hari ini kami tunjukkan ke Gus Ipul bahwa semuanya sudah siap menang. Dengan adanya pemetaan mulai sekarang maka akan mudah dilihat dinamikanya, kemudian dipetakan dan ditangani," ucap Halim.

Sementara itu, usai mendengar pembacaan ikrar komitmen tersebut, Gus Ipul menyampaikan terima kasih kepada PKB yang menunjukkan komitmen dukungannya di Pilkada Jatim.

Komitmen tersebut, kata dia, hendaknya tidak hanya pada saat pembacaaan ikrar dukungan. Dia juga berharap dukungan dibuktikan dalam bentuk berbagai kegiatan.

"Alhamdulillah PKB sangat serius, terima kasih Pak Halim dan semua pengurus maupun kader," kata Wakil Gubernur Jatim tersebut.


Saksikan video di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.