Sukses

Pengiriman Puluhan Calon TKI Ilegal Digagalkan

Polisi KP3 Kupang, NTT, menggagalkan pengiriman puluhan calon TKI ilegal. Selain masih di bawah umur, mereka juga tidak dilengkapi dokumen resmi pengiriman tenaga kerja.

Liputan6.com, Kupang: Polisi KP3 Kupang, Nusa Tenggara Timur, baru-baru ini, menggagalkan pengiriman 22 calon tenaga kerja Indonesia (TKI). Para calin tenaga kerja migran asal Kabupaten Timor Tengah Selatan serta Kupang ini diamankan saat hendak diberangkatkan ke Kalimantan Timur dengan pesawat.

Selain ke Kalimantan, sebagian dari mereka juga bakal dikirim ke Jakarta. Namun, mereka tidak dilengkapi dengan surat izin keberangkatan dari Dinas Tenaga Kerja setempat. Selain itu, mereka juga masih di bawah umur. Diduga, mereka menjadi korban human trafficking  atau perdagangan manusia. Para calon TKI ini mengaku terpikat bujukan para calo yang menjanjikan mereka pekerjaan.

Polisi juga menahan Briptu Matheus. Polisi Airud Polda NTT ini ditahan lantaran terlibat perekrutan calon TKI tanpa melalui jalur yang resmi. Sekadar informasi, dalam tiga bulan terakhir polisi Kupang telah menggagalkan keberangkatan 200 calon TKI ilegal. Mereka seolah-olah hendak dikirim ke luar daerah akan tetapi ternyata diselundupkan ke Malaysia.(IDS/BOG)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini