Sukses

Ini Konsep Pernikahan Kahiyang Ayu di Solo

Liputan6.com, Solo - Anak kedua Jokowi, Kahiyang Ayu, akan menikah dengan Bobby Nasution pada 8 November 2017 mendatang. Pernikahan digelar di Solo dengan menggunakan adat Jawa.

Juru bicara keluarga Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka, menjelaskan pernikahan digelar di gedung Graha Sabha Buana. Konsep pernikahan sama dengan prosesi perkawinan dirinya yang digelar tahun 2015 silam.

"Konsepnya simpel menggunakan adat Jawa seperti saya dua tahun lalu," kata dia kepada wartawan di rumah pribadi Presiden Joko Widodo di Sumber, Solo, Minggu, 17 September 2017.

Pemilik usaha Markobar ini merinci prosesi pernikahan akan dimulai sejak 7 November, yakni dengan prosesi adat siraman dan midodareni. Lantas pada 8 November dilanjutkan dengan prosesi akad nikah dan resepsi.

"Persiapan untuk pernikahan sudah mencapai 80 persen," sebutnya.

Terkait prosesi kirab pernikahan adiknya, Gibran belum bisa memastikan. Ia hanya menerka jika pernikahan yang dilakukan Kahiyang sama seperti dengan dirinya.

"Mungkin kayak dulu jalan kaki dari rumah ke gedung," ujar dia.

Sementara itu, calon pengantin perempuan, Kahiyang Ayu, belum mau membocorkan busana pernikahan yang akan dipakainya.

"Besok aja dilihat (busana) pas tanggal pernikahannya," kilah dia.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

1 dari 2 halaman

Persiapan Pernikahan

Sebelumnya, persiapan pernikahan Kahiyang sudah dilakukan. Utusan keluarga Presiden Jokowi tampak datang ke Kantor Urusan Agama (KUA) Banjarsari, Solo, Kamis, 14 September 2017.

Utusan itu tak lain adalah paman Kahiyang Ayu, Haryanto. Ia datang ke KUA sekitar pukul 14.00 WIB.

Haryanto tampak membawa tas tangan berisikan tiga map berwarna hijau, kuning, dan merah. Dirinya datang ke kantor, tetapi Kepala KUA yang akan ditemui sedang tugas keluar.

Haryanto sedikit berbagi mengenai kedatangan ke KUA Banjarsari. Ia menuturkan, tujuan kedatangannya adalah untuk mencari informasi syarat pernikahan.

"Mau ketemu Pak Basir (Kepala KUA Banjarsari), tanya syarat (pernikahan) apa saja," kata Haryanto di Kantor KUA Banjarsari, Kamis, 14 September 2017.

Haryanto mengaku belum tahu pasti waktu pelaksanaan pernikahan keponakannya, termasuk bocoran tempat pernikahan.

"Nunggu saja kabar dari Ibu (Iriana Jokowi, red)," ucap Haryanto.