Sukses

Prabowo Subianto dan Amien Rais Hadiri Aksi Bela Rohingya

Polisi mengerahkan 6.000 personel untuk mengamankan jalannya aksi bela Rohingya di Kawasan Patung Kuda Monas.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto turut menghadiri aksi bela etnis Rohingya hari ini, Sabtu, 16 September di kawasan Monas, Jakarta Pusat. Aksi tersebut diadakan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan sejumlah organisasi kemasyarakatan (ormas).

Pantauan Liputan6.com, Sabtu (16/9/2017), Prabowo tiba di kawasan Monas pada pukul 11.00 WIB. Dia memakai baju dan celana cokelat. Prabowo saat tiba di panggung berorasi, duduk bersebelahan dengan Presiden PKS, Sohibul Iman.

Selain Prabowo, Ketua Majelis Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais juga menghadiri aksi tersebut. Dia mengenakan baju koko dan peci putih.

Prabowo dijadwalkan akan berorasi dalam aksi bela etnis Rohingya di Myanmar ini. Tak hanya Prabowo, Sohibul Iman hingga Sandiaga Uno juga dijadwalkan akan berorasi dalam aksi tersebut.

"Ini acaranya nanti orasi, ada juga nasyid-nasyud perjuangan. (Yang akan orasi) nanti ada Prabowo, Sohibul Iman, Hidayat Nur Wahid, dan Sandiaga Uno," ucap DPW PKS DKI, Syakir Purnomo, di Monas, Sabtu.

Sementara itu, untuk mengamankan aksi bela Rohigya, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono mengatakan, polisi mengerahkan 6.000 personel di Kawasan Patung Kuda Monas.

"Ada 6.000 personel lebih kita siagakan nanti di lokasi," ujar Argo saat dikonfirmasi.

Saksikan video di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Aksi Bela Rohingya

Anggota Dewan Perwakilan Wilayah (DPW) PKS DKI Jakarta Syakir Purnomo mengatakan, aksi tersebut bertujuan mengembalikan kewarganegaraan etnis Rohingya.

"Tujuan aksi ini adalah kami ingin berikan tekanan, supaya genosida di Myanmar dihentikan, kembalikan kewarganegaraan etnis Rohingya. Ini sejalan dengan kemerdekaan hak segala bangsa," kata Syakir di Monas Jakarta Pusat, Sabtu.

Sejumlah tokoh nasional seperti Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto hingga Wakil Gubernur terpilih DKI Jakarta Sandiaga Uno direncanakan akan berorasi dalam aksi tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.