Sukses

Prabowo hingga Sandiaga Uno Bakal Orasi di Aksi Bela Rohingya

Liputan6.com, Jakarta - Tragedi yang menimpa warga etnis Rohingya di Myanmar, menimbulkan keprihatinan besar, tak terkecuali di Indonesia. Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mengadakan aksi damai dengan sejumlah ormas di kawasan Patung Kuda, Monas, Jakarta Pusat.

"Tujuan dari aksi ini adalah kami ingin berikan tekanan, supaya genosida di Myanmar dihentikan, kembalikan kewarganegaraan etnis Rohingya. Ini sejalan dengan kemerdekaan hak segala bangsa," kata DPW PKS DKI Syakir Purnomo di Monas Jakarta Pusat, Sabtu (16/9/2017).

Dia juga memastikan aksi bela umat muslim Rohingya ini akan berjalan damai.

Sejumlah tokoh seperti Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto hingga Wakil Gubernur DKI Jakarta terpilih Sandiaga Uno, direncanakan akan berorasi dalam aksi tersebut.

"Ini acaranya nanti orasi, ada juga nasyid-nasyid perjuangan. (Yang akan orasi) nanti ada Prabowo, Sohibul Iman, Hidayat Nur Wahid, dan Sandiaga Uno," kata dia.

Tak hanya itu, PKS dan sejumlah ormas lainnya juga turut menggalang dana dari seluruh Indonesia, yang nantinya akan disalurkan ke berbagai lembaga kemanusiaan.

Syakir berharap, penggalangan dana ini dapat membantu pemerintah untuk menyelamatkan muslim Rohingya.

"Waktu DPR pusat kan, sampai Kamis malam dapat di angka Rp 3 miliar. Hari ini juga ada penggalangan dana, jadi kami ingin bantu pemerintah juga," kata Syakir.

 

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

 

1 dari 2 halaman

Bantuan RI untuk Rohingya

Bantuan kemanusiaan dari pemerintah Indonesia untuk para pengungsi Rohingya di perbatasan Bangladesh dan Myanmar, kembali tiba pada Jumat, 15 September 2017.

Dua pesawat Hercules tiba di Bandara Internasional Shah Amanat, Chittagong, Bangladesh.

Berdasarkan siaran pers dari Biro Pers Kepresidenan, pesawat Hercules A 1335 tiba sekitar pukul 17.00 waktu setempat atau 18.00 WIB. Pesawat itu membawa bantuan kemanusiaan berupa paket sandang, family kit, flexible tank, selimut, dan gula.

Berselang dua jam, tepatnya pukul 19.00 waktu setempat atau 20.00 WIB, pesawat Hercules A 1326 yang berisi 10 ton beras juga mendarat di bandara tersebut.

Tak sampai di situ, hari ini, Sabtu, 16 September 2017, bantuan kemanusiaan dari pemerintah Indonesia untuk Rohingya akan kembali tiba.

"Pagi ini, Sabtu 16 September 2017, pesawat keberangkatan ke-5 dan ke-6, akan berangkat ke Chittagong pada pukul 06.30 WIB dan 08.30 WIB dari Sultan Iskandar Muda, Banda Aceh," ucap Kepala Staf TNI Angkatan Udara Marsekal Hadi Tjahjanto kepada Biro Pers.

Dengan bantuan yang terus berdatangan tersebut, diharapkan niat baik pemerintah Indonesia untuk membantu meringankan beban para pengungsi Rohingya dapat terwujud.