Sukses

MUI: Game Fight of Gods Tidak Layak untuk Masyarakat Indonesia

MUI meminta kepolisian aktif menindak distributor game Fight of Gods, yang disinyalir berpotensi memicu SARA.

Liputan6.com, Jakarta Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengapresiasi langkah cepat pemblokiran game Fight of Gods oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo). Menurut MUI, game atau gim ini tidak cocok dikonsumsi masyarakat Indonesia yang menjunjung tinggi nilai keagamaan dan kebangsaan.

"Gim ini tidak layak untuk masyarakat Indonesia yang menjunjung tinggi nilai agama dan Pancasila. Simbol-simbol agama bukan untuk dipermainkan, apalagi dipertarungkan," tulis Wakil Ketua MUI Zainut Tauhid lewat keterangan pers yang direrima Liputan6.com, Jumat (15/9/2017).

Selain itu, MUI pun meminta kepolisian aktif menindak distributor gim yang disinyalir berpotensi memicu masalah SARA (Suku, Agama, Ras, dan Antargolongan).

"MUI meminta kepada kepolisian RI untuk ikut mengawasi semua peredaran game yang bisa menimbulkan gesekan yang berbau SARA," tegas Zainut.

Sebagai informasi, gim Fight of Gods adalah sebuah permainan PC yang mengadu antara dewa dan nabi dari berbagai kepercayaan. Lewat gim tersebut, mereka saling membunuh.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Diblokir Kemkominfo

Fight of Gods saat ini tengah menjadi perbincangan hangat. Gim fighting tersebut memang bukan sekadar gim biasa.

Ia menghadirkan karakter petarung yang diadaptasi dari sejumlah toko dewa, nabi, bahkan Tuhan. Gim ini pun menuai kecaman karena berpotensi menimbulkan SARA. Bahkan, Fight of Gods sendiri sudah dicekal di Malaysia.

Karena tak ingin menyeruak lebih luas dan memancing sejumlah kalangan, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) pun memutuskan untuk turut memblokir terkait Fight of Gods.

Disampaikan Direktur Jenderal Aplikasi Informatika (Aptika) Kemkominfo, Semuel Abrijani Pangerapan, pihaknya sudah mengirimkan surat ke Steam, untuk segera memblokir Fight of Gods di Indonesia. Steam sendiri adalah platform penyedia gim PC terpopuler.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.