Sukses

4 Pesawat Hercules Kirim Bantuan RI untuk Rohingya

Jenis bantuan kemanusiaan yang dikirimkan Pemerintah Indonesia berupa makanan, pakaian dan tangki air darurat.

Liputan6.com, Aceh - Sebanyak empat pesawat Hercules C-130 yang ada di Lanud Sultan Iskandar Muda, Aceh akan mengirim bantuan kemanusiaan bagi pengungsi Rohingya di Bangladesh.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Jumat (15/9/2017), Komandan Lanud Iskandar Muda menyatakan pemberangkatan pesawat Hercules dimulai pada Kamis, 14 September 2017 sore. Mereka menerbangkan dua pesawat dalam operasi itu.

Sedangkan dua pesawat lainya akan bertolak hari ini. Padatnya jalur lalu lintas udara di Chittagong, Bangladesh sendiri tidak memungkinkan empat pesawat Hercules Indonesia mendarat sekaligus.

Jenis bantuan kemanusiaan yang dikirimkan Pemerintah Indonesia berupa makanan, pakaian dan tangki air darurat.

Kondisi kamp pengungsian Rohingya di Bangladesh sendiri cukup memprihatinkan, seperti yang terlihat di salah satu lokasi pengungsian di Kutupalong.

Para pengungsi Rohingya ini dipisah dalam dua penampungan untuk laki-laki dan perempuan. Sejumlah bantuan dari negara-negara lain mulai berdatangan.

Unicef menyatakan mereka membutuhkan US$ 7,3 juta atau sekitar Rp 95 miliar untuk pengungsi Rohingya.

Sementara itu, gelombang pengungsian etnis Rohingya ke Bangladesh terus terjadi. Sejumlah pengungsi bahkan harus berjuang dengan menggunakan perahu untuk mencapai Bangladesh. Cara ini cukup berbahaya, terbukti 86 orang tewas tenggelam dalam perjalanan.

Data dari PBB menyebutkan, kini 400 ribu etnis Rohingya telah mengungsi ke Bangladesh untuk menghindari kekejaman militer Myanmar.