Sukses

Jokowi: Perintah Presiden Tak Dijalankan, Jewer Nanti

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi selalu punya cara untuk mengingatkan para pejabat agar taat melaksanakan instruksi. Dia tak segan untuk menyentil pejabat yang tidak menjalankan instruksinya.

Kali ini, Jokowi ingin memastikan perintah menggratiskan pengiriman buku dan barang literasi pada tanggal 17 setiap bulannya dijalankan. Momen peresmian Gedung Baru Perpustakaan Nasional digunakan Jokowi untuk menanyakan progres instruksi itu.

"Berjalan enggak? Berjalan. Kalau tidak berjalan akan saya jewer nanti. Presiden sudah ngomong enggak dijalankan," kata Jokowi di Gedung Perpustakaan Nasional, Jakarta, Kamis (14/9/2017).

Jokowi memang terkenal dengan blusukannya. Setiap daerah yang didatangi digunakan untuk memeriksa langsung progres jalannya program atau pembangunan yang sedang berlangsung di daerah itu.

Cara ini kembali digunakan Jokowi untuk instruksi pengiriman buku gratis itu. Dengan begitu, dia tahu persis dari sumber yang bersentuhan langsung dengan program itu.

"Ngeceknya gampang kalau pas ketemu gini saya tanya berjalan berarti baik," ucap Jokowi.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

1 dari 2 halaman

Gedung Baru Perpustakaan

Jokowi meresmikan gedung baru Perpustakaan Nasional RI. Gedung tersebut menjadi gedung perpustakaan tertinggi di dunia.

Gedung ini dibangun di atas lahan gedung Perpustakaan Nasional lama yang sebelumnya hanya tiga lantai. Setelah dua tahun lebih pembangunan, gedung perpustakaan baru kini setinggi 27 lantai.

"Jadi enggak kaget kalau Gedung Perpustakaan Nasional ini tertinggi di dunia untuk gedung perpustakaan," kata Jokowi di Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Kamis (14/9/2017).

Jokowi bercerita, dirinya mendapat laporan gedung baru Perpustakaan Nasional RI ini akan diresmikan. Mendengar kabar itu, langsung menyatakan hadir dalam peresmian itu.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini menilai, kehadiran gedung baru Perpustakaan Nasional RI ini merupakan persiapan menyambut masa depan. Mengingat perubahan zaman, khususnya pola membaca, sangat berbeda.

Artikel Selanjutnya
Jokowi: Menteri Fokus Kerja, Jangan Belum Sudah Kampanye
Artikel Selanjutnya
Tjahjo Kumolo Tetap Ingin JK Jadi Jurkam Jokowi di Pilpres 2019