Sukses

Kalahkan Brunei Darussalam, Timnas Indonesia Melaju ke Semifinal Piala AFF 2017

Indonesia dipastikan melaju ke semifinal Piala AFF 2017 usai tumbangkan Brunei Darussalam dengan skor 8-0.

Fokus, Yangon - Timnas U-19 Indonesia, akhirnya lolos ke babak semifinal kejuaraan AFF 2017, setelah pada pertandingan terakhir penyisihan Grup B, Rabu petang, 13 September 2017, berhasil mengalahkan Brunei Darussalam, dengan skor telak 8-0.

Indonesia menjadi juara grup, didampingi Myanmar. Tim tuan rumah tersebut, pada pertandingan terakhirnya, secara mengejutkan mengalahkan Vietnam 2-1.

Seperti ditayangkan Fokus Malam Indosiar, Kamis (14/9/2017), bertanding di Stadion Thuwunna, Yangon, Myanmar, Timnas Indonesia menang besar untuk lolos ke semifinal.

Punggawa tim U-19 Tanah Air langsung mengambil inisiatif serangan saat peluit pertandiangan ditiup wasit. Keberuntungan langsung didapat, karena belum satu menit berjalan, M Rafli Mursalim mendapat peluang dengan memanfaatkan belum siapnya barisan pertahanan Brunei Darussalam dan berhasil mencetak gol pertama untuk Indonesia.

Menit ke-17, bintang skuad Garuda Nusantara, Egy Maulana Vikri, menambah keunggulan melalui tendangan yang tak begitu kuat, tapi gagal dihalau para pemain belakang lawan. Enam menit berselang, pemain Diklat Ragunan itu kembali mencatatkan namanya di papan skor, lewat gol yang ia cetak dengan cara nyaris sama dengan gol pertamanya. 3-0 untuk Indonesia.

Empat menit menjelang babak pertama usai, Witan Sulaiman menambah keunggulan untuk Indonesia. 

M Rafli, seperti tak mau kalah dengan Egy. Pada menit ke-42, ia kembali menjebol gawang Brunei yang dikawal Muhammad Amirul. Bahkan aksi Rafli belum berhenti. Menjelang akhir babak ditiup, Rafli kembali beraksi dan mencetak hattrick lewat gol indah pada satu menit waktu tambahan, sekaligus menjadi gol penutup di babak pertama.

Memasuki babak kedua, unggul 6-0, tak membuat Timnas Indonesia mengendurkan perlawanan. Serangan demi serangan kembali dibangun. Usaha itu baru menuai hasil di menit ke-67.

Adalah Witan, yang memecah kebuntuan di babak kedua, dengan kembali menjebol gawang Brunei, menjadikan skor 7-0 untuk Indonesia. Satu menit setelahnya, pemain pengganti, Hanis Sagara Putra menggenapkan keunggulan Indonesia menjadi 8-0, sekaligus menjadi gol terakhir hingga pertandingan berakhir.

Dengan hasil di atas, Indonesia tampil sebagai juara Grup B dengan nilai 9, hingga berhasil melaju ke semifinal didampingi tuan rumah, Myanmar, yang secara mengejutkan berhasil mengalahkan Vietnam 2-1, dan unggul selisih gol dari lawannya tersebut.

Pada semifinal, Indonesia akan menghadapi Thailand, runnner up Grup A, sedangkan Myanmar akan menghadapi Malaysia, juara dari Grup A.