Sukses

Tarik Wisatawan Ukraina, KBRI Kiev Gelar Indonesia Week

Untuk menghadirkan suasana keindahan Indonesia, KBRI Kiev menggelar serangkaian kegiatan budaya Indonesia dalam perayaan HUT RI ke-72.

Liputan6.com, Jakarta - Rangkaian kegiatan HUT RI ke-72 tidak hanya dirayakan di dalam negeri. Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) disejumlah negara juga turut merayakan HUT RI dengan menggelar berbagai kegiatan. 

Salah satu yang turut memeriahkan, yaitu KBRI Kiev di Ukraina. Pihak KBRI bersama masyarakat Indonesia di Ukraina menggelar kegiatan Indonesia Week selama satu minggu di Triptych: Global Arts Workshop, 34 Andriyivskyy Uzviz, Kota Kiev.

Duta Besar RI untuk Ukraina, Yuddy Chrisnandi mengatakan program Indonesia Week ini menjadi bagian dari promosi budaya Indonesia. Selain memperingati HUT RI, kegiatan ini juga untuk merayakan 25 tahun hubungan diplomasi RI- Ukraina. 

"Indonesia Week ini mampu meningkatkan wisatawan Ukraina untuk datang ke Indonesia," ucap Yuddy dalam keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com, Rabu (13/9/2017). 

Untuk menghadirkan suasana keindahan Indonesia, KBRI Kiev menggelar serangkaian kegiatan budaya Indonesia yang melambangkan persahabatan Indonesia dan Ukraina.

"Ini sesuai dengan tema perayaan 25 Tahun Hubungan Indonesia – Ukraina, 'To Bring Prosperity and Peace'," kata Yuddy.

Kegiatan tersebut antara lain, Presentasi tentang buku edisi Bahasa Ukraina berjudul  25 th Diplomatik Relations between Indonesia- Ukraine yang akan dibawakan oleh Anton GA, salah seorang warga negara Ukraina yang menjadi peminat budaya Indonesia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Upacara di Taman Kota Kiev

Kegiatan ini juga diikuti oleh Emira, warga Ukraina yang pandai membatik. Dilanjutkan dengan atraksi tarian tradisional Indonesia oleh penari Puput Ratri, Ayesha Fatma serta Anastasia salah seorang warga Ukraina yang pandai menari tradisional Indonesia.

Sebagai simbol persahabatan kedua bangsa, ungkap Dubes Yuddy, pada 15 September 2017 mendatang, pihaknya akan menyelengarakan upacara di sebuah taman kota di Kyiv, dengan thema Ceremony of the Dressing-Up of Queen Anna Sculpture with The Indonesian Traditional Costume.

Nantinya, katta Yuddy, akan ada penyematan baju tradisional Indonesia bermotif Bali, pada salah satu patung Ratu Anna de Kyiv yang merupakan sosok yang dihormati di Eropa. 

"Upacara ini men-simbolkan, harapan kedua bangsa dalam suatu kondisi yang aman dan sejahtera (prosperity and peace)," kata dia.  

Pada saat yang bersamaan, juga akan dikukuhkan organisasi Diaspora Indonesia yang berada di Ukraina, ujar Yuddy Chrisnandi.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.