Sukses

Ditemukan Patung Buddha Kuno

Ratusan patung Buddha bersejarah yang masih tersegel ditemukan di negara Islam Pakistan. Segel tanah liat itu menunjukkan asal benda yang diperkirakan dari abad pertama SM.

Liputan6.com, Islamabad: Pakistan merupakan negara Islam, namun lebih dari 100 patung Budha yang masih tersegel, ditemukan di situs arkeologi Taxila di Punjab, Pakistan. Sebuah media lokal melaporkan patung-patung itu berasal dari periode Buddha kuno di daerah yang dulunya diperkirakan sebagai ibukota Kerajaan Gandhara Buddha, pusat pembelajaran agama itu.

Penemuan dalam segel tanah liat kuno dengan gambar simbol ikon dan motif, memberikan bukti penting bahwa biara ini juga menerima sumbangan lain. Temuan ini juga menunjukkan gambaran hubungan ekonomi yang mendalam antara tempat itu dengan negara-negara lain. Selain temuan peninggalan itu, penelitian yang dilakukan oleh Departemen Arkeologi dan Museum Taxila, juga menemukan koin emas, serta batu merah yang langka. Salah seorang pejabat  Departemen Arkeologi percaya bahwa segel yang ditemukan itu, berasal dari abad pertama SM, serta abad kelima Masehi.

Taxila telah menjadi cerita legenda yang paling terkenal, serta salah satu peradaban paling kuno di bagian dunia. Pada masa itu, kota kuno Taxila dikenal sebagai Takshasila, Buddha dan ajarannya berkembang di tempat itu sejak masa pemerintahan Asoka, raja India terbesar, dalam 272-232 BC. (Xinhua/Vin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini