Sukses

211 Ribu Peserta Ikuti Tes CPNS Kemenkumham

Tes CPNS meliputi tiga kompetensi dasar yaitu tes wawasan kebangsaan, intelegensi umum, dan karakteristik pribadi.

Liputan6.com, Jakarta - Sebanyak 211.538 pelamar mengikuti tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham). Untuk wilayah Jakarta, tes digelar di sejumlah lokasi, salah satunya di Kantor Badan Pembinaan Hukum Nasional, Kramat Jati, Jakarta Timur.

Seperti ditayangkan Liputan6 Pagi SCTV, Selasa (12/9/2017), tes meliputi kompetensi dasar yang dibagi ke dalam tiga bagian. Ketiganya adalah tes wawasan kebangsaan, intelegensi umum, dan karakteristik pribadi.

Sementara itu, pendaftaran CPNS gelombang kedua dibuka mulai 11 September hingga 25 September.

Sebanyak 60 lembaga dan kementerian serta satu pemerintahan provinsi membuka kesempatan bagi masyarakat untuk berkarier di pemerintahan.

Pada gelombang pertama, tercatat sebanyak 1,1 juta pendaftar dari 19 ribu kuota yang dibutuhkan. Tes CPNS akan dilaksanakan menggunakan sistem computer assisted test (CAT), di mana para peserta mengerjakan langsung ujian melalui komputer yang disediakan pengawas ujian.

Berkaca dari gelombang pertama, masih banyak pelamar yang bermasalah saat mengisi NIK dan Nomor KK. Bila menemui permasalahan saat mendaftar CPNS seperti ini, Anda bisa menghubungi Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) setempat.