Sukses

Minim Dukungan Partai, Nasdem Yakin Bisa Menangkan Ridwan Kamil

Liputan6.com, Jakarta - Partai Nasdem rupanya sudah percaya diri bisa mengusung Ridwan Kamil sebagai calon gubermur Jawa Barat. Meski, jumlah kursi DPRD sebagai syarat pencalonan terbilang pas-pasan.

Sekretaris Jenderal Partai NasDem Jhonny G Plate mengatakan, saat ini sudah ada 2 partai lain yang mendukung Ridwan Kamil. Kedua partai itu, yakni PKB dengan 7 kursi dan PPP dengan 9 kursi. Bila dijumlahkan total 21 kursi.

"Total 21 kursi DPRD yang memenuhi syarat minim 20 kursi," kata Jhonny di Kantor DPP Partai Nasdem, Jakarta, Senin, 11 September 2017. .

Jumlah ini tentu belum bisa dikatakan aman bagi Ridwan Kamil dan NasDem. Meski begitu, Jhonny yakin ketiga Partai akan menyampaikan dukungan secara formal.

"Nanti parpol akan mendukung secara formal," imbuh dia.

Sejak mengusung Ridwan Kamil, Nasdem langsung mengikat dengan 3 syarat utama. Yang dirasa kurang pas oleh partai lain, yakni syarat tidak boleh menjadi anggota parpol manapun.

Padahal, kontestasi Pilkada merupakan bagian dari lobi politik antar partai politik untuk melahirkan calon kepala daerah yang mengabdi pada masyarakat.

Jhonny berdalih, syarat ini justru akan memudahkan Ridwan Kamil dalam menjalin komunikasi dengan partai manapun ketika menjabat nanti.

"Dengan demikian diharapkan Pak Ridwan Kamil lebih mudah menjalin komunikasi dengan forum komunikasi pemda dan DPRD setempat yang terdiri dari berbagai unsur parpol," ucap dia

 

 

1 dari 2 halaman

Dukungan PKB

 

Partai Kebangkitan bangsa (PKB) memastikan dukungan terhadap Wali Kota Bandung Ridwan Kamil sebagai calon gubernur Jawa Barat.

Kepastian tersebut didapat setelah DPW PKB Jabar menyerahkan surat keputusan dukungan kepada pria yang biasa disapa Emil itu.

"Amanat dari Ketua Umum Cak Imin sudah saya tunaikan. Saya diminta untuk menyerahkan surat keputusan Kang Emil sebagai calon gubernur Jawa Barat dari PKB," ujar Ketua DPW PKB Jabar Syaiful Huda dalam jumpa pers di Jalan Ternate, kota Bandung, Senin (11/9/2017). 

Keputusan tersebut tertuang dalam surat DPP PKB bernomor 23574/DPP-03/VI/A1/2017. Surat ditandatangani Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar dan Sekjen Abdul Kadir Karding.

Selain menyerahkan surat keputusan, Syaiful menuturkan, ada sembilan agenda Jabar yang kami titipkan kepada Emil.

"Sembilan agenda lahir batin ini akan kami sampaikan pada waktu lain. Satu dua hari akan kami launching setelah diskusi dengan Kang Emil," terang dia.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Pilgub Jabar Jadi Fokus Utama, Demokrat Belum Tentukan Nama
Artikel Selanjutnya
Tak Mau Masuk Parpol, PDIP Tunggu Perubahan Sikap Ridwan Kamil