Sukses

PKB Resmi Dukung Ridwan Kamil Maju di Pilkada Jabar

Ada sembilan agenda di Jawa Barat yang akan dititipkan PKB kepada RIdwan Kamil.

Liputan6.com, Jakarta - Partai Kebangkitan bangsa (PKB) memastikan dukungan terhadap Wali Kota Bandung Ridwan Kamil sebagai calon gubernur Jawa Barat.

Kepastian tersebut didapat setelah DPW PKB Jabar menyerahkan surat keputusan dukungan kepada pria yang biasa disapa Emil itu.

"Amanat dari Ketua Umum Cak Imin sudah saya tunaikan. Saya diminta untuk menyerahkan surat keputusan Kang Emil sebagai calon gubernur Jawa Barat dari PKB," ujar Ketua DPW PKB Jabar Syaiful Huda dalam jumpa pers di Jalan Ternate, kota Bandung, Senin (11/9/2017). 

Keputusan tersebut tertuang dalam surat DPP PKB bernomor 23574/DPP-03/VI/A1/2017. Surat ditandatangani Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar dan Sekjen Abdul Kadir Karding.

Selain menyerahkan surat keputusan, Syaiful menuturkan, ada sembilan agenda Jabar yang kami titipkan kepada Emil.

"Sembilan agenda lahir batin ini akan kami sampaikan pada waktu lain. Satu dua hari akan kami launching setelah diskusi dengan Kang Emil," terang dia.

Tambahan 7 Kursi

Dengan merapatnya PKB, yang memiliki 7 kursi di DPRD Jabar, dukungan untuk Ridwan Kamil kini menjadi 12 kursi. Sebelumnya, partai Nasdem yang memiliki 5 kursi tengah menyatakan dukungannya kepada Emil.

Dengan demikian, Ridwan Kamil masih membutuhkan dukungan sebanyak 8 kursi lagi, karena UU menyaratkan cagub didukung  minimal 20% kursi di DPRD.

"PKB akan all aout, seluruh anggota DPRD dari PKB sepenuhnya mendukung Kang Emil," ucap Syaiful.

Syaiful mengatakan pihaknya akan segera berkonsolidasi dengan partai lain dalam mendukung pencalonan Ridwan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tanggapan Ridwan Kamil


Sementara, Ridwan Kamil mengaku bahagia dengan dukungan yang diberikan PKB. Menurut dia, filosofi partai pengusungnya sejalan dengan visi dan misinya sebagai calon gubernur.

"Dari awal intens dengan PKB, platform politiknya cocok sama saya. Soal NKRI, Pancasila, pembelaan terhadap islam yang rahmat, pendekatan pada umat Islam secara menyeluruh. Saya yakin kebijakan saya sangat sejalan dengan arah politik PKB," ujar dia.

Dia pun akan menyingkronkan elemen yang ada di PKB dengan relawan yang telah mendukungnya lebih dahulu.

"Saat ini ada grup relawan dari berbagai segmen, pemuda, perempuan pesantren dan lain-lain. Akan luar biasa karena PKB kuat di daerah-daerah," ucapnya.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.