Sukses

Pelajar DKI Raih Juara 3 Olimpiade Sains di Rusia

Pelajar DKI dapat berfikir kritis, seperti keberanian berdebat dengan juri saat moderasi, karena nilai yang diberikan dianggap keliru.

Liputan6.com, Jakarta - Tim Pelajar DKI Jakarta berhasil meraih peringkat ketiga dalam ajang The 2nd International Olympiad of Metropolises, yang diikuti sekitar 400 peserta dari 36 kota di dunia yang berlangsung di Moskow, Rusia, selama 4-9 September 2017.

Sekretaris Pertama Pelaksana Fungsi Pensosbud KBRI Moskow Enjay Diana mengatakan, tim pelajar DKI Jakarta menempati posisi ketiga bersama peserta dari Istanbul, Budapest, Zagreb, Chengdu, Leipzig, dan Riga.

"Posisi pertama diraih Moskow, Hong Kong, dan Shanghai. Sedangkan, posisi kedua ditempati St Petersburg, Krakow, Minsk, Sofia, dan Belgrade," ujar Enjay, seperti dilansir Antara, Minggu (10/9/2017).

Ketua tim yang juga pendamping Tim Pelajar DKI Jakarta Muhamad Husin saat bertemu Dubes Federasi Rusia untuk Indonesia merangkap Republik Belarus, M Wahid Supriyadi mengatakan, banyak pengalaman berharga diperoleh para pelajar.

Menurut Husin, pelajar DKI dapat berfikir kritis, seperti keberanian berdebat dengan juri saat moderasi, karena nilai yang diberikan dianggap keliru. Selain itu, makna olimpiade sangat menarik, yaitu setiap peserta bukanlah musuh, tetapi teman di masa depan.

"Kehadiran Tim Pelajar DKI Jakarta tidak hanya membawa nama baik Jakarta, tetapi juga Indonesia. Apa yang dilakukan pelajar juga bagian dari diplomasi karena diplomasi tidak hanya dilakukan diplomat," ujar dia.

Husin memaparkan Tim Pelajar DKI Jakarta terdiri atas delapan peserta berasal dari berbagai sekolah di Jakarta, yaitu SMAK 5 BPK Penabur, SMA Negeri 8, SMANU MH Thamrin, SMA Kolese Kanisius, dan SMA Santa Ursula.

"Suhu udara di Moskow yang memasuki musim gugur dengan suhu udara rata-rata 15 Derajat Celsius, tidak menghalangi semangat mereka untuk berlomba. Hebatnya, semuanya mendapat medali, 2 perak dan 6 perunggu," ujar dia.

Medali perak dipersembahkan Jason Jovi Brata untuk kategori fisika dan Rendy Wijaya untuk kimia. Sementara, medali perunggu dipersembahkan Prawira Satya Darma (fisika), Filbert Fedinand dan Kristoforus Jason (matematika), Muhammad Ariqsyah Indra (kimia), Inigo Ramli dan Rania Rusdy (informatika).

Husin mengatakan banyak peserta yang sudah memiliki pengalaman di berbagai olimpiade, sehingga mereka terlihat siap berlomba.

"Kita perlu persiapan yang lebih banyak lagi untuk lomba (olimpiade) seperti ini di masa mendatang," ujar Inigo Ramli, peserta Tim Pelajar DKI Jakarta.

Saksikan video menarik berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hubungan Jakarta dan Moskow

DKI Jakarta satu-satunya wakil dari Asia Tenggara. Hubungan dan kerja sama antara Jakarta dan Moskow berkembang dengan baik, tak hanya antara Pemerintah RI dengan Kremlin, tetapi juga antara Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dengan Pemerintah Kota Moskow.

Jakarta dan Moskow telah memiliki kerja sama antarprovinsi (sister province). Pada awal Agustus lalu dalam kunjungan ke Moskow, Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat dan Wali Kota Moskow Sergey Sobyanin menandatangani memorandum kerja sama antara Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, dengan Pemerintah Kota Moskow Periode 2017-2019.

Selain pertemuan dengan Dubes di KBRI Moskow, Tim Pelajar DKI Jakarta berbaur dengan masyarakat dan diaspora Indonesia di Rusia, pada saat bersamaan diadakan perkenalan pejabat baru KBRI Moskow, pertemuan dengan diaspora Indonesia dan sekaligus pembubaran panitia Festival Indonesia 2017.

Hampir seminggu berada di Moskow, kerinduan Tim Pelajar DKI Jakarta terhadap masakan Indonesia terpenuhi dengan adanya sajian hidangan makan siang, seperti soto ayam dan sate. Mereka menyaksikan kepiawaian warga Rusia dalam membawakan tarian-tarian daerah Indonesia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.