Sukses

Wali Kota: Pancasila Harus Membumi di Kota Bekasi

Dia menilai keberagaman di Indonesia merupakan sebuah keniscayaan yang tidak bisa dihindarkan.

Liputan6.com, Bekasi - Taruna Merah Putih menggelar Kirab Kebangsaan di alun-alun Kota Bekasi, Jawa Barat. Kirab digelar dalam rangka menjaga keutuhan demokrasi Indonesia

Hadir dalam acara Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi, Ketua Umum DPP Taruna Merah Putih (TMP) PDIP Maruarar Sirait, sejumlah elite PDIP, serta ratusan pelajar dari Kota Bekasi. Acara ini menampilkan beberapa kesenian khas Indonesia.

Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi mengatakan, acara ini diharapkan dapat menyadarkan para generasi muda akan semangat Pancasila. Sebab Indonesia berdiri di atas semua suku, agama, dan budaya.

"Saya ingatkan bahwa Pancasila harus membumi di Kota Bekasi. Kita harus berbuat baik kepada semua penghuni alam," kata pria yang biasa disapa Pepen itu, Minggu (10/9).

Ia menambahkan, keberagaman di Indonesia merupakan sebuah keniscayaan yang tidak bisa dihindarkan. Pepen pun mengingatkan para pemuda agar merawat kemajemukan. Caranya dengan menjaga ideologi Pancasila tetap berada di jalur yang tepat.

"Ke depannya, tidak boleh ada yang mempertentangkan latar belakang kita, suku kita dari mana, agama kita apa. Yang ada, adalah kita adalah anak-anak bangsa Indonesia. Kita Indonesia," tegasnya.

Saksikan tayang video menarik berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Terus Berkarya

Pepen juga meminta para pemuda dapat terus berkarya dan mengukir prestasi baik. Harapan itu sesuai arahan Presiden Joko Widodo atau Jokowi, agar para pemuda mampu mengharumkan nama Indonesia.

"Mempertahankan Pancasila itu harus dengan bangun dan bangun. Kerja, kerja, dan kerja. Itu yang selalu disampaikan Jokowi, presiden kita. Semoga bapak presiden dapat dua periode," kata Pepen, yang disambut tepuk tangan pengunjung.

Dalam kirab ini, peserta mengenakan pakaian tradisional dan atribut pejuang kemerdekaan. Acara ini dimulai dengan upacara dan diisi berjalan kaki sepanjang Alun-alun Kota Bekasi. Ratusan peserta yang hadir terlihat antusias.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.