Sukses

SBY Kenang Sejarah Berdirinya Demokrat di Cikeas

Liputan6.com, Jakarta Perayaan hari ulang tahun (HUT) ke-16 Partai Demokrat diselenggarakan di lokasi pertama kali partai tersebut memperkenalkan diri, yakni di kediaman Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY di Cikeas, Bogor, Jawa Barat.

SBY menyebut rumahnya menjadi saksi sejarah perjalanan partai hingga saat ini. Kata dia, hal itu dimulai dari penggagasan dan perkenalan diri kepada masyarakat.

"Dalam perjalanan sejarah partai, tempat ini dijadikan basis perjuangan untuk mencapai cita-cita kita semua lebih baik," kata SBY di Cikeas, Sabtu (9/9/2017).

SBY menjelaskan bertepatan di tahun ketiga, Partai Demokrat mampu masuk menjadi lima besar dalam Pemilihan Umum 2004 dan dirinya terpilih menjadi Presiden Indonesia. Sama halnya saat Pemilu 2009 yang terpilih saat itu SBY kembali menjadi Presiden Republik Indonesia.

SBY melanjutkan, kediamannya juga menjadi saksi saat pihaknya mengakui kekalahan saat Pemilu 2014.

"Di tempat ini pula tahun 2014 dengan lapang dada menerima kekalahan, dengan tulus saya langsung mengucapkan selamat pada pemenang kepada Presiden Jokowi dan Wapres JK," ujarnya.

SBY menegaskan hal itu menggambarkan bahwa politik di Partai Demokrat tidaklah sepi. Untuk kemenangan ataupun kekalahan, kata dia, merupakan suatu hal yang lumrah.

"Ada kalanya kita kalah dan memetik hikmah, sometimes we win, sometimes we learn," kata SBY.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

HUT ke-16

Perayaan hari ulang tahun (HUT) ke-16 Partai Demokrat dirayakan di kediaman Ketua Umum Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY. Perayaan juga bertepatan dengan HUT SBY yang ke-68.

Pantauan Liputan6.com, tamu undangan serentak mengenakan pakaian serba biru. Acara pun diselenggarakan pukul 07.00 WIB dengan diawali sambutan SBY dan dilanjutkan dengan acara pemotongan tumpeng dan ramah-tamah.

Para petinggi dan keluarga SBY duduk di barisan paling depan dan diikuti oleh beberapa kader dan simpatisan lainnya.

Dalam perayaan tersebut juga terlihat Agus Harimurti Yudhoyono, Edhie Baskoro Yudhoyono, Ani Yudhoyono, mantan Menteri Hukum dan HAM Amir Syamsuddin, Roy Suryo, Qomar, Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Agus Hermanto, mantan Menteri Negara Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia Syarief Hasan.

Acara diselenggarakan di halaman pendopo rumah SBY. Tampak pula beberapa gerobak makanan rakyat, seperti ketoprak, soto, hingga makanan lainnya untuk disajikan kepada para tamu undangan.

Artikel Selanjutnya
Johan Budi: Kehadiran SBY Saat HUT RI karena Ketokohan Jokowi
Artikel Selanjutnya
SBY Hadiri HUT RI di Istana, Presidential Club Segera Terbentuk?