Sukses

President University Sambut Enam Penerima Beasiswa Darmasiswa

Liputan6.com, Cikarang Enam siswa penerima program beasiswa Darmasiswa secara resmi disambut di President University oleh Wakil Rektor Bidang Komunikasi dan Kerja Sama, Handa S. Abidin, dan Maria Jacinta Arquisola, selaku Direktur Professional Development Center President University yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Program Darmasiswa President University, pada Senin (4/9/2017). Para Peserta tiba di President University Student Housing pada tanggal 31 Agustus 2017.

Enam orang penerima beasiswa tersebut adalah Moreblessings Mapolisa (Zimbabwe), My Thao Le (Vietnam), Dominique Nicole Portillo (El Salvador), Salymata Sarr (Senegal), Sahobiddini Mamurboy (Tazikistan), dan Flavia Nambooze (Uganda). Hadir dengan pakaian tradisional negara mereka, para peserta menanda tangani kontrak beasiswa yang berisikan peraturan, kewajiban, dan hak selama menempuh studi di President University.

Di President University, peserta akan belajar Bahasa Indonesia dengan beberapa kegiatan sosio-kultural, seperti Pencak Silat dan tarian tradisional yang akan digelar seminggu sekali. Setiap peserta akan didampingi oleh student buddy untuk membantu mereka dalam hal teknis dan meningkatkan kemampuan Bahasa Indonesia mereka. Selama program berlangsung, para peserta akan tinggal di asrama President University.

Untuk mengenalkan lebih banyak tentang Indonesia dan budayanya, peserta juga akan diajak mengunjungi beberapa tempat tradisional di Provinsi Jawa Barat, seperti Saung Udjo di Bandung, Taman Mini Indonesia Indah, dan Kota Tua di Jakarta. Mereka juga akan diperkenalkan ke lingkungan industri di Cikarang melalui tur Industri di Kawasan Industri Jababeka. Tak hanya itu, juga akan ada program pelayanan masyarakat yang bertujuan meningkatkan interaksi peserta dengan masyarakat setempat.

“Saya sangat bersyukur atas kesempatan ini, kami akan belajar banyak mengenai Bahasa Indonesia. Kami ingin memaksimalkannya dalam hal belajar dan mencari pengalaman, kami mempunyai banyak hal yang bisa dibagikan untuk kalian dan kalian pun mempunyai banyak hal yang bisa dibagikan kepada kami. Kami sangat siap”, ujar siswa asal Uganda, Flavia Nambooze.

Darmasiswa sendiri adalah program beasiswa yang ditawarkan kepada semua mahasiswa asing dari negara-negara yang memiliki hubungan diplomatik dengan Indonesia. Program ini bertujuan untuk mempromosikan dan meningkatkan minat terhadap bahasa dan budaya Indonesia di kalangan pemuda negara lain. Peserta akan belajar bahasa, seni, dan budaya selama satu sampai dua tahun.

“President University merupakan salah satu universitas yang memiliki jumlah mahasiswa asing terbanyak di Indonesia. Program Darmasiswa yang diikuti oleh peserta asing sangat selaras dengan visi universitas yang mendukung internasionalisasi kampus. Kami mengundang semua warga negara asing di seluruh dunia yang memenuhi persyaratan dan rindu untuk mengeksplorasi budaya Indonesia untukmengikuti program Darmasiswa di President University”, ucap Wakil Rektor Bidang Komunikasi dan Kerja Sama, Handa S. Abidin.

Setelah acara penyambutan dan penanda tanganan kontrak, para peserta turut bergabung dalam jamuan makan siang bersama seluruh sivitas akademika President University yang diselenggarakan untuk merayakan Idul Adha yang jatuh pada tanggal 1 September 2017. Mereka juga diperkenalkan dengan lingkungan kampus dan segala fasilitasnya.


(*)