Sukses

Pemerintah RI Beri Bantuan Kemanusiaan untuk Rohingya

Bantuan akan terus diberikan Pemerintah Indonesia setelah Menlu Retno Marsudi bertemu dengan Pemerintah Bangladesh.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Indonesia akan memberikan bantuan kemanusiaan untuk pengungsi etnis Rohingya di Bangladesh. Bantuan diberikan untuk meringankan beban Pemerintah Bangladesh dalam menangani pengungsi, sekaligus mengakhiri krisis kemanusiaan yang menimpa etnis minoritas Rohingya.

Seperti ditayangkan Fokus Pagi Indosiar, Jumat (8/9/2017), bantuan berupa tenda, makanan dan obat-obatan segera diserahkan Pemerintah Indonesia kepada pengungsi Rohingya yang kini berada di tempat-tempat penampungan di Bangladesh.

Bantuan akan terus diberikan Pemerintah Indonesia, setelah Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi bertemu dengan Pemerintah Bangladesh pada 5 September lalu.

Sebelumnya, Menlu Retno Marsudi juga bertemu dengan state counsellor Myanmar, Aung San Suu Kyi.

Pada pertemuan tersebut, Menlu menyampaikan amanah pemerintah sekaligus masyarakat Indonesia dan dunia internasional, atas krisis kemanusiaan yang terjadi di wilayah Rakhine.

Atas usulan tersebut, Pemerintah Myanmar komit untuk membuka kran bantuan kemanusiaan dari negara-negara ASEAN. Sementara mekanisme penyaluran akan dipimpin Pemerintah Myanmar, dengan melibatkan organisasi internasional.