Sukses

Kedatangan Jokowi Disambut Meriah WNI di Negeri Singa

Liputan6.com, Singapura - Presiden Joko Widodo atau Jokowi akhirnya bertemu dengan WNI yang ada di Singapura dalam acara bertajuk "Temu Kangen Presiden RI dan Ibu Negara". Jokowi didampingi Ibu Negara Iriana beserta rombongan tiba di lokasi acara, Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Singapura, pada pukul 19.00 WIB.

Saat memasuki ruangan, Jokowi langsung dikelilingi warga Indonesia yang ada di Negeri Singa. Akibatnya, perjalanan Jokowi dan rombongan dari pintu masuk menuju panggung agak tersendat karena WNI yang hadir ingin bersalaman serta berfoto dengan mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut.

Setelah hampir 15 menit mengelilingi ruangan untuk menyalami WNI yang hadir, Jokowi dan Ibu Negara kemudian menaiki panggung didampingi Duta Besar Indonesia untuk Singapura Ngurah Swajaya dan istri.

Dalam sambutannya, Dubes Ngurah Swajaya mengatakan bahwa animo WNI di Singapura untuk bertemu Jokowi sangat tinggi. Karena itu, tidak semua WNI bisa menghadiri acara malam ini.

"Tercatat hanya sekitar 1.600 orang yang hadir di sini, sebagian adalah pahlawan devisa, sebagian lagi pelajar dan mahasiswa. Ada juga pelaut serta para pengusaha nasional yang ada di Singapura," jelas Ngurah Swajaya, Rabu (6/9/2017) malam.

Saat giliran memberikan sambutan, Jokowi mengaku kaget karena banyak di antara WNI yang hadir mengenakan pakaian adat daerah di Indonesia, seperti Bali, Batak, Jawa, Palembang, dan daerah lainnya.

"Memang negara kita Indonesia adalah negara yang besar. Bayangkan saja, kita memiliki 250 juta penduduk, sedangkan Singapura penduduknya hanya 3 juta. Dan yang patut kita syukuri, hingga saat ini kita semua hidup rukun dan damai," ujar Jokowi.

"Kalaupun ada gesekan sedikit, itu lumrah. Namanya juga negara besar," imbuh Presiden yang disambut tepuk tangan hadirin.

Selain bertemu WNI di Singapura, acara temu kangen yang dipandu Irfan Hakim dan Oky Lukman ini juga menghadirkan penampilan penyanyi jebolan D'Academy Indosiar, Lesti dan Danang.

Tampak mendampingi Presiden Jokowi dalam kunjungan ke Singapura, antara lain Menko Perekonomian Darmin Nasution, Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, Mensesneg Pratikno, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, serta Duta Besar Indonesia untuk Singapura, Ngurah Swajaya.


Saksikan video menarik di bawah ini:

 

 

Artikel Selanjutnya
Berbaju Batik, Jokowi Hadiri Rakernas III Projo