Sukses

Kemnaker Buka 160 Formasi Lowongan CPNS 2017

Kemnaker Buka 160 Formasi Lowongan CPNS 2017

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Ketenagakerjaan RI (Kemnaker) membuka seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Tahun 2017 untuk mengisi kebutuhan pegawai pada sejumlah jabatan. Berdasarkan pengumuman Sekretariat Jenderal Kemnaker dengan Nomor: Peng.1727/SJ/VIII/2017, ada 160 formasi yang dialokasikan untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) baru.

Pengumuman tersebut diluncurkan setelah Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB) resmi membuka informasi CPNS Periode II tahun 2017.

“Kebijakan penerimaan CPNS ini untuk memenuhi kebutuhan pegawai pada jabatan-jabatan strategis di Kemnaker,” ujar Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan RI, Hery Sudarmanto, di Jakarta, pada Rabu (06/9/2017).

Dengan dibukanya CPNS Tahun 2017 di lingkungan Kemnaker, diharapkan mampu meningkatkan kinerja Kemnaker, sehingga pembangunan ketenaga kerjaan dapat berjalan lebih optimal.

“Mari bekerja dengan terobosan, dengan efektivitas dan efisiensi, dengan capaian yang lebih nyata bagi rakyat,” ucap Hery.

Ia pun berharap, pegawai pemerintahan ke depan tidak boleh terjebak pada rutinitas dengan tercapainya proses. Namun, pegawai pemerintahan harus kratif dan inovatif, sehingga target dan capaian program dan kebijakan benar-benar dapat tercapai.

“Kita juga harus makin responsif terhadap aspirasi masyarakat dan perubahan zaman,” kata Hery.

Adapun, unit kerja Kemnaker yang mendapat alokasi formasi CPNS 2017 adalah:

1. Direktorat Jenderal Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas (Ditjen Binalattas) untuk ditempatkan pada UPTP BBPLK, BLK di Bekasi, Medan, Bandung, Serang, Semarang, Sorong, Sidoarjo, Banyuwangi, Bantaeng, dan Lombok Timur
2. Direktorat Jenderal Pembinaan Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja (Ditjen Binapenta dan PKK)
3. Direktorat Jenderal Pembinaan Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Tenaga Kerja (Ditjen PHI dan Hamsostek)
4. Direktorat Jenderal Pembinaan Pengawasan Ketenagakerjaan dan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (Ditjen Binwasnaker dan K3) dan UPTP Balai Besar Pengembangan Keselamatan dan Kesehatan Kerja, Balai Keselamatan dan Kesehatan Kerja di Makassar, Medan, Bandung, Jakarta, dan Samarinda.

Sementara itu, kriteria calon pelamar dibagi ke dalam 4 kriteria. Pertama, pelamar yang menyandang predikat lulusan terbaik (cum laude) sebanyak 16 formasi. Kedua, pelamar penyandang disabilitas (berkebutuhan khusus) sebanyak 3 formasi. Ketiga, pelamar dengan kriteria tamatan pendidikan dasar, menengah pertama, dan menengah atas di Papua dan Papua Barat sebanayak 3 formasi. Terakhir, kategori umum sebanyak 138 formasi.

Tahapan seleksei untuk CPNS di lingkungan Kemnaker tahun 2017 terdiri dari 3 tahapan. Pertama, seleksi administrasi. Kedua, seleksi kompetensi dasar (SKD) menggunakan Computer Assisted Test (CAT) dengan bobot 40 persen. Terakhir, Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) menggunakan CAT berbotot 60 persen.

Jangka waktu pengumuman penerimaan CPNS di lingkungan Kemnaker dimulai sejak 5 September 2017 sampai dengan 19 September 2017. Sementara itu, batas waktu pendaftaran dan unggah dokumen dimulai 11 September 2017 sampai 25 September 2017 pukul 23:59 WIB. Peserta yang lolos seleksi kartu peserta ujian secara online mulai 2 Oktober 2017 sampai dengan 6 Oktober 2017.

Pendaftaran online peserta CPNS Kemnaker Tahun 2017 dapat diakses melalui laman https://scsn.bkn.go.id atau http://cpns.kemnaker.go.id.

Informasi lebih lanjut, masyarakat dapat mengakses laman http://cpns.kemnaker.go.id . Kemnaker juga membuka layanan informasi melalui (021) 526 0481 pada Senin sampai Jumat pukul 08:30 - 16:00 WIB.


(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini