Sukses

Terungkap, Jokowi Tidak Pernah Punya Kartu Kredit

Jokowi mengatakan pola pembayaran dalam sebuah transaksi saat ini berlangsung sangat cepat.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan para mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) bahwa perubahan tren pola hidup berlangsung sangat cepat. Termasuk soal pola pembayaran dalam sebuah transaksi.

Jokowi menjelaskan, saat ini, 90 persen masyarakat Indonesia masih menggunakan uang tunai sebagai media transaksi. Padahal, sudah ada cara pembayaran lain, seperti penggunaan kartu kredit dan sistem pembayaran online (online payment). 

Namun demikian, Jokowi mengaku tidak sepenuhnya mengikuti tren tersebut. Hingga kini, dia belum pernah mempunyai kartu kredit.

"Saya sampaikan apa adanya, dari dulu sampai sekarang saya enggak pernah pegang yang namanya kartu kredit," ucap Jokowi saat berorasi pada Dies Natalies ke-54 IPB, Bogor, Jawa Barat, Rabu (6/9/2017).

Menurut Jokowi, masyarakat kini sudah berlomba menggunakan sistem pembayaran online, seperti Paypall dan Alipay. Sistem pembayaran tersebut saat ini terus berkembang dan menjadi tren dunia saat ini.

"Membayar dengan smartphone. Kita beli apa, kita tunjukkan ke mereka, dengan tik tik tik tik tik, duit kita di bank hilang," ujar dia.

Terjebak Paradigma Lama

Perubahan-perubahan seperti itu, menurut Jokowi, harus diantisipasi generasi muda. Jangan sampai, mahasiswa justru terjebak dengan pola dan paradigma lama, sehingga tidak bisa melahirkan inovasi baru.

"Ini perubahan yang tidak bisa, sekali lagi tidak bisa hambat," Jokowi menandaskan.

Saksikan Video Menarik Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.