Sukses

Jokowi Sindir Lulusan IPB Lebih Banyak Kerja di Bank

Jokowi melihat lulusan IPB justru tidak bekerja di bidang pertanian. Mereka lebih banyak bekerja di dunia perbankan.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menghadiri Dies Natalies ke-54 Institut Pertanian Bogor (IPB). Jokowi menaruh harapan besar pada para mahasiswa untuk bisa berperan dalam mengembangkan sektor pertanian di Indonesia.

Hanya saja, Jokowi melihat lulusan IPB justru tidak bekerja di bidang pertanian. Mereka lebih banyak bekerja di dunia perbankan.

"Maaf, Pak Rektor, tapi mahasiswa IPB banyak yang bekerja di bank. Saya cek direksi-direksi perbankan. BUMN itu yang banyak dari IPB, manajer-manajer tengah banyak berasal dari IPB. Terus yang ingin jadi petani siapa ini," kata Jokowi di Kampus IPB, Bogor, Jawa Barat, Rabu (6/9/2017).

Pertanyaan inilah yang harus dijawab oleh para mahasiswa yang banyak belajar di bidang pertanian. Padahal, para petani berharap besar pada inovasi yang dilahirkan dari mahasiswa.

"Iya harus saya sampaikan apa adanya. Karena itu data yang saya peroleh," imbuh Jokowi.

Saat ini, para petani, nelayan, peternak di Indonesia butuh inovasi segar yang dapat meningkatkan nilai tambah bagi mereka. Dan di tangan generasi muda dan mahasiswa harapan itu digantungkan.

"Mahasiswa-mahasiswa dengan pemikiran modern yang mau turun  ke lapangan untuk bekerja di sawah di pertanian," ujar Jokowi.

Saksikan video menarik di bawah ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.