Sukses

Nasib 40 Ribu Pengungsi Rohingya di India

Sejumlah pegiat hak asasi manusia telah mengajukan gugatan ke pengadilan agar para pengungsi etnis Rohingya tidak dikembalikan ke Myanmar.

Liputan6.com,India - Sekitar 40 ribu pengungsi Rohingya kini tinggal di India hidup di kolong-kolong jembatan dengan kondisi sangat memperihatinkan. Mereka tinggal di gubuk-gubuk yang sangat tidak layak untuk tempat hunian.

Seperti ditayangkan Fokus Pagi Indosiar, Selasa (5/9/2017) para pengungsi Rohingya terpaksa meninggalkan rumah-rumah mereka di negara bagian Rakhine setelah mengalami kekerasan dan penindasan dari militer Myanmar.

Agustus lalu, Kementerian Dalam Negeri India membentuk gugus tugas guna mengidentifikasi dan mendeportasi imigran gelap termasuk para pengungsi etnis Rohingya yang kini menyebar di sejumlah wilayah di India.

Sejumlah penggiat hak asasi manusia telah mengajukan gugatan ke pengadilan agar para pengungsi etnis Rohingya tidak dikembalikan ke Myanmar. Bahwa tidak dibenarkan menderpotasi pengungsi ketika mereka mendapat ancaman di negaranya. Oleh karenanya mereka harus tetap tinggal di sini.

Pengadilan India telah meminta pemerintah untuk menanggapi gugatan itu. Sidang gugatan akan digelar 11 September 2017 mendatang guna menentukan nasib para pengungsi Rohingya.

Â