Sukses

Temui Aung San Suu Kyi, Menlu Retno Sampaikan Amanah Rakyat Indonesia untuk Rohingya

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menemui Penasihat Negara Myanmar Aung San Suu Kyi di Naypyidaw, Senin, 4 September 2017.

Liputan6.com, Naypyidaw - Pertemuan antara Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dengan Penasihat Negara Myanmar Aung San Suu Kyi digelar di Naypyidaw, Senin waktu setempat, 4 September 2017. Selain membawa amanah masyarakat Indonesia yang mengecam krisis kemanusiaan di Rakhine, Retno juga menyampaikan usulan dari pemerintah Indonesia.

Seperti ditayangkan Liputan6 Malam SCTV, Selasa (5/9/2017), usulan tersebut adalah agar pemerintah Myanmar mengembalikan stabilitas, keamanan, menahan diri, dan tidak menggunakan kekerasan.

Selain itu, pemerintah Indonesia juga meminta Myanmar melindungi semua warga Rakhine tanpa memandang suku dan agama. Terakhir, membuka akses untuk bantuan keamanan.

Tak hanya ke Myanmar, Presiden Joko Widodo juga mengutus Menlu Retno Marsudi untuk terbang ke Bangladesh. Selain upaya diplomasi, langkah nyata berupa bantuan makanan dan obat-obatan bagi warga Rohingya juga sudah disalurkan.