Sukses

Jemaah Haji Indonesia Berdesakan dalam Tenda di Mina

Kapasitas tenda yang tak cukup, membuat jemaah haji Indonesia saling berdesakan di Mina, Arab Saudi.

Fokus, Mina - Tenda haji di Mina, Arab Saudi, tidak mampu menampung jumlah jemaah haji Indonesia yang mengalami penambahan sekitar 52.000 lebih jemaah. Seperti ditayangkan Fokus Sore Indosiar, Minggu (3/9/2017), para jemaah harus berdesakan di dalam tenda untuk dapat beristirahat usai menunaikan ibadah jamrah.

Penambahan jemaah haji tersebut tidak diikuti penambahan jumlah tenda. Menteri Agama sekaligus Amirul Hajj, Lukman Hakim Saifuddin akan menyampaikan protes kepada muassasah Asia Tenggara terkait hal tersebut.

Selain itu, Menteri Lukman juga menjenguk beberapa jemaah haji Indonesia yang sakit di tenda klinik kesehatan haji Indonesia. Tercatat, 216 jemaah haji Indonesia wafat hingga pelaksanaan puncak haji 2017.

Sementara, sejak Minggu pagi, 3 September 2017, sejumlah jemaah sudah meramaikan Jamarat sebelum waktu afdol melempar jamrah. Jemaah melempar jamrah untuk yang terakhir sebelum meninggalkan Mina menuju Mekah. Nantinya, di Mekah jemaah akan melakukan tawaf wada atau tawaf perpisahan sebelum meninggalkan Tanah Suci.