Sukses

4 Fakta Perayaan Idul Adha Jokowi di Sukabumi

Jokowi bersama warga Sukabumi sempat mengumandangkan takbir dan tahmit, serta menunaikan salat Adha di Masjid Agung Sukabumi.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Jokowi merayakan momen Idul Adha 1438 Hijriah di Sukabumi, Jawa Barat. Di Kota tersebut, Jokowi menunaikan kurban berupa sapi di tiga lokasi di Sukabumi, dan termasuk membagikan paket sembako ke warga sekitar.

Di kota tersebut, Jokowi bersama warga Sukabumi sempat mengumandangkan takbir dan tahmit, serta menunaikan salat Idul Adha di Masjid Agung Sukabumi.

Pemilihan kota ini bukan tanpa alasan. Jokowi menganggap Sukabumi sebagai kota yang teduh dan dihuni oleh masyarakat yang ramah. 

Kedatangan Jokowi merayakan Idul Adha di Sukabumi menjadikan dia sebagai Presiden ke-2 RI setelah Sukarno yang berhari raya di sana.

Selain itu, ada beberapa fakta yang terungkap di balik kunjungan kerja Jokowi ke Sukabumi kali ini.

Saksikan Video Menarik Berikut Ini:



* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Naik Kereta Luar Biasa

Kunjungan kerja ke Sukabumi terasa spesial. Kali ini, Jokowi menggunakan moda transportasi kereta api menuju kota tujuan. Rupanya ini merupakan kali pertama Jokowi menggunakan kereta ke Sukabumi.

Kereta Api Luar Biasa disiapkan untuk perjalanan Jokowi. Dua lokomotif, 1 gerbong pembangkit listrik, 1 gerbong makan, 2 gerbong eksekutif, 2 gerbong kereta wisata, Bali dan Jawa jadi rangkaian kereta khusus ini.

Sebenarnya, Jokowi nyaris menggunakan kereta api pada kunjungan kerja ke Cirebon 14 Januari 2016. Sebuah kereta api Luar Biasa sudah disiapkan untuk mengantar Jokowi dari Cirebon menuju Jakarta.

Namun, peristiwa bom Thamrin membuat Jokowi mengurungkan niatnya. Jokowi akhirnya melanjutkan perjalanan dari Cirebon menggunakan helikopter. Sore harinya, dia memeriksa langsung lokasi kejadian.

3 dari 5 halaman

Presiden Kedua Setelah Sukarno

Kehadiran Jokowi merayakan Idul Adha di Sukabumi mencatatkan sejarah baru. Jokowi menjadi Presiden kedua yang merayakan Idul Adha di Sukabumi setelah Sukarno.

Salat Idul Adha dilaksanakan di Lapangan Merdeka. Sukarno melaksanakan Salat Idul Adha di lokasi yang sama, 65 tahun lalu. Saat itu, Idul Adha jatuh pada 31 Agustus 1952.

Menanggapi fakta itu, Presiden Jokowi mengatakan, dirinya memang ingin selalu melaksanakan salat Idul Fitri atau Idul Adha di berbagai daerah di Tanah air.

"Nah, pada tahun ini di Sukabumi untuk salat Idul Adha-nya," ujar Jokowi sebagaimana dikutip dari siaran pers resmi Istana, Jumat 1 September 2017.

4 dari 5 halaman

Setujui 3 Proyek

Kedatangan Jokowi membawa dampak besar bagi warga Sukabumi. Jokowi menyetujui tiga proyek pembangunan langsung dilaksanakan untuk membangun kota Sukabumi.

Wali Kota Sukabumi M Muraz mengatakan, tiga permintaan warga ini memang berkaitan dengan pembangunan kota Sukabumi.

Dia menilai, semua ini sebagai berkah dari kedatangan Jokowi.

Ketiga permintaan itu adalah pembangunan bandara Sukabumi, penyelesaian ruas tol Bocimi (Bogor-Ciawi-Sukabumi), dan pembangunan double track kereta Bogor-Sukabumi dan revitalisasi Bogor-Sukabumi-Bandung.

5 dari 5 halaman

Kepincut Cuaca dan Kuliner

Jokowi menilai, Sukabumi merupakan kota besar yang tidak pernah sepi dari aktivitas warga. Keramahan warga juga sangat dirasakan Jokowi.

"Kota ini merupakan kota yang besar, setiap malam selalu ramai dan warganya pun ramah-ramah," kata Jokowi, Kamis 31 Agustus 2017.

Tidak hanya itu, cuaca yang dirasa cukup ideal membuat Jokowi betah. Sesuai dengan julukannya, cuaca Sukabumi dirasakan Jokowi tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin.

Jokowi juga sempat merasakan sensasi kuliner kota Sukabumi. Saat berbuka puasa di hari Arafah, Jokowi tampak lahap menyantap ikan bakar dan menghabiskannya sendiri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Sukabumi adalah salah satu kota di Provinsi Jawa Barat, Indonesia.
    Sukabumi adalah salah satu kota di Provinsi Jawa Barat, Indonesia.

    Sukabumi