Sukses

Islam Aboge Banyumas Rayakan Idul Adha Besok

Perbedaan Idul Adha ini selalu terjadi karena jemaah Islam Aboge menggunakan perhitungan kalender yang mengacu pada perhitungan Jawa.

Liputan6.com, Banyumas - Sebagian besar umat Islam sudah sibuk menyembelih hewan kurban pada Idul Adha kemarin. Namun, suasana Desa Dukuh Klopo di Kecamatan Peterongan, Jombang, Jawa Timur, masih lengang.

Seperti ditayangkan Liputan6 Pagi SCTV, Sabtu (2/9/2017), tak ada kesibukan penyembelihan seperti di desa lain. Sejumlah hewan kurban juga terlihat masih terikat di halaman rumah.

Hal itu karena ribuan warga desa tersebut merupakan pengikut jemaah Toriqoh Naqsabandiyah Kholidiyah Al Aliyah yang belum merayakan Idul Adha. Menurut kelompok ini, tanggal 10 Dzulhijah baru jatuh pada 2 September 2017.

Kondisi yang sama juga terjadi di Banyumas, Jawa Tengah. Jemaah Islam Aboge juga belum melaksanakan salat Idul Adha pada Jumat kemarin. Mereka justru baru akan merayakan Idul Adha pada Minggu, 3 September 2017.

Perbedaan Idul Adha ini selalu terjadi. Sebab, jemaah Islam Aboge menggunakan perhitungan kalender yang mengacu pada perhitungan Jawa.