Sukses

Jelang Pilkada Jatim, Megawati Akan Pimpin Konsolidasi Kader

Megawati akan mendengarkan masukan dari struktural partai. Sejauh ini Wagub Jatim Saifullah Yusuf menjadi satu-satunya nama yang mendaftar.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri akan turun gunung untuk memenangkan jagoannya dalam laga Pilkada Jawa Timur. Mega dijadwalkan akan memimpin konsolidasi para kader.

"Bu Mega akan memimpin langsung konsolidasi di Jatim pada 10 September mendatang," ujar Sekretaris Jenderal DPP PDIP Hasto Kristiyanto di sela tasyakuran HUT Ke-72 RI sekaligus memperingati Hari Raya Idul Adha 1438 Hijriah di kawasan Bulak Banteng Surabaya, Jumat (1/9/2017).

Pada konsolidasi tersebut, kata dia, Megawati akan mendengarkan masukan dari struktural partai. Hal ini untuk melengkapi misi Wakil Sekjen DPP PDIP Ahmad Basarah yang ditugaskan khusus meminta masukan kepada kiai sepuh NU di Jatim.

Tak itu saja, pada kesempatan yang sama nantinya juga dilakukan peresmian kantor DPC PDIP Kabupaten Malang.

"Tentu akan ada keputusan terbaik dan Bu Megawati yang memiliki keputusan terkait siapa yang diusung pada Pilkada Jatim," ucap Hasto seperti dikutip dari Antara.

Sementara itu, terkait perkembangan Pilkada Jatim, Hasto juga memberikan apresiasi kepada kandidat-kandidat yang telah mendaftar di tingkat DPD karena akan menjadi perhatian penting dari pengurus pusat.

"Tapi sekali lagi, Bu Megawati nanti yang akan memutuskan dan memberikan rekomendasinya. Diharapkan bulan ini keputusannya," kata Hasto.

Saksikan tayang video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Serahkan ke PDIP

Pada proses pendaftaran di tingkat DPD, Wakil Gubernur Jatim Saifullah Yusuf menjadi satu-satunya nama yang mendaftar sebagai bakal cagub. Sedangkan di posisi bakal calon wagub muncul nama Kusnadi, Budi Sulistyono, Abdullah Azwar Anas, serta Suhandoyo.

Ditemui di tempat sama, bakal cagub Jatim Saifullah Yusuf mengaku menyerahkan sepenuhnya kepada prosedur partai dan ketua umum Megawati Soekarnoputri. Dirinya siap menerima apapun keputusan partai.

"Pendaftaran ke PDIP dan partai lainnya adalah bentuk penghormatan kepada mekanisme internal partai tersebut," kata Gus Ipul, sapaan akrabnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.