Sukses

WikiLeaks Siap Beberkan Dokumen Rahasia Lagi

Wikileaks mengumumkan akan kembali merilis dokumen mengenai perang dan sekaligus menjadi yang terbesar dalam sejarah intelijen di AS dengan besarnya tujuh kali lipat dibandingkan bocoran sebelumnya tentang perang Irak

Liputan6.com, London: Pengelola situs Wikileaks mengumumkan akan kembali merilis dokumen mengenai perang yang akan menjadi bocoran terbesar dalam sejarah intelijen di AS dengan jumlah dokumen tujuh kali lipat dibandingkan bocoran sebelumnya tentang perang Irak.

Lembaga ini membuat pengumuman dalam pesan yang diposting di Twitter, Senin (22/11) waktu setempat, tapi tidak memberikan informasi tentang isi dokumen tersebut atau waktu perilisannya. Namun, dalam tweet selanjutnya, organisasi ini mengatakan, "Dunia baru akan muncul pada bulan-bulan mendatang, sejarah global didefinisikan ulang. Kuatkan kami," tulis Wikileaks.

Meski situs ini telah membocorkan rahasia-rahasia intelijen selama bertahun-tahun, WikiLeaks mengagetkan dunia internasional tahun ini dengan tiga bocoran. Pertama, mengenai video helikopter AS yang muncul dalam serangan terhadap dua karyawan Reuters dan warga sipil lain. Kedua, puluhan ribu dokumen intelijen AS tentang perang di Afghanistan. Ketiga, puluhan ribu ribuan dokumen tentang perang, penahanan, dan interogasi di Irak.

Meski tidak jelas bocoran berikutnya, Wikileaks diduga memiliki rahasia besar Departemen Luar Negeri AS mengenai diplomasi Amerika di seluruh dunia. Bocoran terbaru dari Wikileaks diperkirakan mengandung sebanyak tiga juta dokumen.

Dalam pesan itu, situs ini juga mengatakan berada di bawah "tekanan berat", hal ini dikaitkan dengan masalah hukum pendiri WikiLeaks, Julian Assange, di Swedia, yang dicari atas tuduhan pemerkosaan. (AP/Y)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini