Sukses

Djarot Resmikan Model Penampungan Hewan di Pesanggrahan

Djarot mengharapkan agar hewan kurban milik warga sekitar dapat disembelih dengan menggunakan fasilitas tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Momentum Idul Adha 1438 Hijiriah digunakan Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat untuk meresmikan Model Penampungan dan Pemotongan Hewan Kurban di Masjid Jami Baiturrahman Al Haq di Pesanggrahan, Jakarta Selatan.

Saat sambutan, Djarot mengucapkan selamat kepada pengurus masjid yang telah menerima bantuan fasilitas itu. Kata dia, penyerahan sudah diberikan secara resmi kepada Ketua Yayasan Masjid.

"Ini fasilitas model sarana penerapan untuk pemotongan hewan kurban yang sangat baik. Saya sudah limpahkan tadi pada Ketua Yayasan," kata Djarot di Jakarta Selatan, Jumat (1/9/2017).

Mantan Wali Kota Blitar itu mengharapkan agar hewan kurban milik warga sekitar dapat disembelih dengan menggunakan fasilitas tersebut.

"Kalau bisa juga (hewan kurban) dipotong di sini. Satu ekor kambing dan satu ekor sapi juga bisa digabung," jelas Djarot.

Peresmian tersebut Djarot juga didampingi oleh istrinya Happy Farida dan putrinya Safira Prameswari. Tak hanya itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian DKI Jakarta Darjamuni dan Wali Kota Jakarta Selatan Tri Kurniadi juga turut mendampingi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sebar Petugas untuk Cek Kesehatan Hewan Kurban

Djarot Saiful Hidayat melepas 187 petugas untuk mengecek kesehatan hewan di Jakarta.

Djarot mengatakan, petugas tersebut terdiri dari Institut Pertanian Bogor (IPB), Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) dan Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian Provinsi DKI Jakarta.

"Pelepasan ini kita lakukan setiap tahun, untuk mengecek kesehatan hewan baik yang akan disembelih maupun sudah disembelih," ucap Djarot di Balai Kota, Jakarta Pusat, Jumat (1/9/2017).

Menurut dia, petugas akan disebar di seluruh wilayah DKI Jakarta dan bekerja mulai hari ini hingga esok hari. Sebab, masih terdapat beberapa wilayah yang melakukan penyembelihan hewan kurban hingga Sabtu, 2 September 2017.

"Ini kita sebar sampai dengan Kepulauan Seribu. Ini secara simbolis yang bertugas di Jakarta Pusat, ada juga yang di Jakarta Utara dan PDHI, yang lain sudah di masing-masing wilayah," ujar dia.

Mantan Wali Kota Blitar tersebut menyatakan hingga saat ini belum terdapat temuan virus antraks pada hewan kurban di wilayah Ibu Kota.

"Yang harus kita antisipasi jangan sampai ada antraks itu aja. Tapi selama ini enggak apa-apa, masih bebas antraks," jelas Djarot.

Saksikan video di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.