Sukses

Alasan Jokowi Berkunjung ke Sukabumi Naik Kereta

Setelah salat Id, Presiden Jokowi dan Ibu Iriana berjalan kaki menuju Masjid Agung Sukabumi, untuk menyerahkan hewan kurban.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan pemerintah akan membangun sejumlah infrastruktur transportasi di wilayah Sukabumi, Jawa Barat, termasuk jalur ganda kereta api.

"Kenapa saya ke Sukabumi naik kereta? Karena akan dimulai pembangunan jalur kereta api doubletrack Bogor ke Sukabumi," kata Jokowi dalam sambutannya sebelum salat Idul Adha 1438 Hijriah di Lapangan Merdeka, Sukabumi, Jumat (1/9/2017).

Menurut Presiden, pembangunan jalur ganda kereta Bogor-Sukabumi akan dimulai pada 2017 dengan perkiraan dana sekitar Rp 400 miliar. Selain itu, pemerintah juga merencanakan revitalisasi jalur kereta api Sukabumi-Cianjur-Bandung pada 2019.

"Sehingga, artinya arus barang, mobilitas orang, baik dari bandara, baik dari Jakarta, baik dari Bogor ke Sukabumi ini akan semakin cepat. Kemarin sudah kita lihat sangat memungkinkan," kata Jokowi usai salat Id di Masjid Agung Sukabumi, seperti dilansir Antara.

Selain moda kereta api, kata Jokowi, pemerintah berencana membangun bandara perintis di Sukabumi. Namun, pemerintah akan lebih dulu menyurvei lokasi rencana pembangunan bandara tersebut.

Terkait pembangunan tol Bogor-Ciawi-Sukabumi, Presiden menargetkan akan selesai pada dua tahun mendatang. Rencana pembangunan tol itu sudah sejak 1996, tapi selalu terkendala.

"Makannya, tahun lalu saya putuskan diambil alih BUMN dan langsung dikerjakan saat itu," kata Jokowi.

Saksikan video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jokowi Berkurban

Hari kedua kunjungan kerja di Kota Sukabumi, Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo mengawali kegiatannya dengan menunaikan salat Idul Adha di Lapangan Merdeka, Kota Sukabumi.

Dalam keterangan pers Sekretariat Presiden hari ini, setelah salat Id, Presiden Jokowi dan Ibu Iriana berjalan kaki menuju Masjid Agung Sukabumi, untuk menyerahkan hewan kurban.

Turut mendampingi Presiden menunaikan ibadah salat Idul Adha, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, dan Wali Kota Sukabumi Mohamad Muraz.

Selain menyerahkan hewan kurban ke Masjid Agung, Presiden Jokowi dan Ibu Iriana juga akan menyerahkan hewan kurban di Kelurahan Tipar, Kecamatan Citamiang, Kota Sukabumi.

Sebelum menunaikan salat Jumat, Jokowi akan meninjau koperasi di kawasan Sukaraja, Sukabumi. Siang harinya, Presiden akan mengunjungi Pondok Pesantren Al Masturiyah.

Jokowi bersama rombongan diagendakan kembali ke Istana Presiden pada Jumat sore.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Idul Adha adalah salah satu perayaan besar umat Islam yang di dalamnya ada pelaksanaan ibadah haji dan pemotongan hewan kurban.

    Idul Adha

  • Presiden Jokowi