Sukses

Masjid Istiqlal Buka 6 Pintu Masuk pada Idul Adha Ini

Persiapan pelaksanaan salat Idul Adha di masjid terbesar di Asia Tenggara itu sudah mencapai 100 persen.

Liputan6.com, Jakarta - Masjid Istiqlal siap menyelenggarakan salat Idul Adha, Jumat (1/9/2017). Persiapan pelaksanaan salat id di masjid terbesar di Asia Tenggara itu sudah mencapai 100 persen.  

"Alhamdullilah sudah 100 persen," ujar Kepala Bagian Protokol Masjid Istiqlal, Abu Hurairah, ketika ditemui di Masjid Istiqlal, Kamis 31 Agustus 2017.

Menurut dia, pada pelaksanaan salat Idul Adha hari ini, enam pintu gerbang di seluruh kawasan Masjid Istiqlal dibuka.

Sebanyak 150 ribu jemaah diperkirakan memadati Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat pada pelaksanaan salat Idul Adha 1438 Hijiriah. Angka tersebut lebih banyak daripada pelaksanaan salat Idul Fitri 1438 Hijiriah.

Sebab, lanjut dia, tidak adanya tradisi mudik ke kampung halaman ketika perayaan Hari Raya Idul Adha.

"Perkiraan sekitar 120 ribu hingga 150 ribu, kalau Masjid Istiqlal sebenarnya bisa menampung sebanyak 200 ribu jamaah," ucap Abu.

Sementara, Kamaruddin Amin dari Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia akan bertindak sebagai khatib salat Idul Adha. Pada ceramahnya nanti, dia akan membahas masalah kebangsaan.

"Temanya Idul Adha dan semangat rekonsiliasi nasional," jelas Abu.

Saksikan video berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Imbauan

Salat Idul Adha di Masjid Istiqlal akan sedikit terganggu. Jemaah pun diminta datang lebih awal jika ingin menunaikan Salat Idul Adha di Masjid Istiqlal.

Imbauan ini bukan tanpa alasan. Saat ini sedang ada proyek perbaikan trotoar di sekitar Masjid Istiqlal. Hal ini tentu akan menghambat mobilitas jemaah menuju masjid.

Pengerjaan trotoar di sekitar masjid Istiqlal membuat akses jalan menjadi semakin sempit. Hal ini harus diantisipasi jemaah sehingga tidak terlambat melaksanakan Salat Idul Adha.

"Jadi tolong diantisipasi jangan mendadak-mendadak sudah dekat waktu (salat) baru datang," kata Abu.

Salat Idul Adha biasanya sudah dimulai pada pukul 07.00 WIB. Para jemaah diminta datang jauh sebelum salat dilaksanakan.

"Dari subuh kalau bisa," imbuh Abu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.