Sukses

Ini Mekanisme Masjid Istiqlal Distribusikan Daging Kurban

Masjid Istiqlal memotong 21 ekor sapi dan 10 kambing yang ada di Masjid Istiqlal. Di antaranya ada kurban dari Jokowi dan Jusuf Kalla.

Liputan6.com, Jakarta - Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat tidak akan membagikan kupon daging hewan kurban pada Idul Adha 1438 Hijiriah. Seperti tahun sebelumnya, panitia akan membagikan ke beberapa wilayah yang telah ditentukan.

Kepala Bagian Protokol Masjid Istiqlal Abu Hurairah menyatakan, akan mendistribusikan ke kelurahan, masjid-masjid atau musala di sekitaran Masjid Istiqlal.

Ia menjelaskan, pendistribusian daging kurban itu juga sudah berkoordinasi dengan RT, RW, masjid dan musala setempat untuk menentukan nama warga yang berhak menerima.

"Kami yang mengantarkan ke masyarakat selesai pemotongan sekitar pukul 20.00 WIB atau 21.00 WIB," ucap Abu di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Kamis (31/8/2017).

Abu menjelaskan, pendistribusian akan diprioritaskan kepada wilayah yang dekat dengan masjid terbesar di Asia Tenggara tersebut. Setelah itu, baru di daerah-daerah lainnya.

"Hewan kurban di Masjid Istiqlal tidak sebanyak di Masjid At Tin, terbatas. Paling jauh wilayah Tanah Abang," ujar dia.

Saksikan video di bawah ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Diharapkan di Atas 6000 Kantong

Berbeda dengan tahun sebelumnya, Masjid Istiqlal akan melakukan pemotongan hewan kurban sore hari setelah Salat Asar. Kata Abu, tahun kemarin Istiqlal dapat mendistribusikan sebanyak 6 ribu kantong daging kurban.

"Tahun lalu bisa dibagi 6.000, tahun ini kita harapkan lebih banyak," jelas dia.

Hurairah menambahkan, hingga saat ini tercatat sudah 21 ekor sapi dan 10 kambing yang ada di Masjid Istiqlal. Hewan kurban tersebut di antaranya berasal dari Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Jokowi menyumbang sapi jenis ongole berusia delapan tahun seberat 1,5 ton untuk disembelih di Masjid Istiqlal. Sementara sapi ongole dari Jusuf Kalla berusia tujuh tahun dengan berat 1,3 ton.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.