Sukses

Butuh Uang, Warga Nekat Menambang

Para penambang pasir di Kaliworo, Kemalang, Klaten, Jawa Tengah, nekat kembali menambang. Mereka mengaku kembali menambang karena kehabisan uang setelah hampir satu bulan menganggur di pengungsian.

Liputan6.com, Klaten: Para penambang pasir di Kaliworo, Kemalang, Klaten, Jawa Tengah, nekat kembali melakukan aktifitas menambangnya, Senin (22/11). Dengan alat sederhana, mereka mengaku nekat karena kehabisan uang setelah hampir satu bulan menganggur di pengungsian.

Hery, salah satu penambang, mengaku dirinya nekat menambang karena sudah tidak lagi mempunyai uang untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Ditambah lagi semenjak Gunung Merapi meletus, harga pasir melambung hingga 60 persen. Satu truk pasir di saat normal harganya Rp 400 ribu, namun saat Merapi meletus harganya melambung hingga Rp 700 ribu. Penambangan pasir memang menjadi mata pencarian utama warga yang berada sekitar delapan kilometer dari puncak Merapi ini.(APY/ANS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini