Sukses

Makna Ibadah Wukuf di Padang Arafah

Arti wukuf bermakna hibernasi. Yaitu proses mengistirahatkan diri untuk mengoptimalkan kembali fungsi rohani dan jasmani.

Liputan6.com, Arab Saudi - Jutaan umat muslim dari seluruh dunia, hari ini mulai berkumpul di Padang Arafah untuk berwukuf. Wukuf merupakan puncak dari ibadah haji.

Arti wukuf, seperti ditayangkan Liputan6 Siang SCTV, Kamis (31/8/2017), bermakna hibernasi. Yaitu proses mengistirahatkan diri untuk mengoptimalkan kembali fungsi rohani dan jasmani.

Di Padang Arafah inilah umat muslim menyempurnakan syahadatnya, berdoa, bermunajat, memohon ampun, dan bertobat kepada Allah.

Jabal Rahmah yang terletak di timur Padang Arafah, Kota Mekah menjadi asal muasal ibadah wukuf. Di tempat ini Nabi Adam dan Siti Hawa dipertemukan kembali oleh Allah setelah bertobat memohon ampun karena melanggar perintahnya.

Peristiwa hebat lainnya terjadi di Jabal Rahmah, dimana Nabi Muhammad melaksanakan wukuf di Padang Arafah. Di tempat ini pula Nabi Ibrahim memohon dikaruniai keturunan dan mendapat wahyu untuk menyembelih putranya, Nabi Ismail.

Di Padang Arafah pula, Nabi Muhammad menerima wahyu terakhir sebelum wafat.

Kini, Padang Arafah menjadi tempat para umat muslim dunia untuk berdiam diri atau berwukuf. Di mulai dari waktu zuhur hingga terbenamnya matahari.Â